Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 02/10/17 ~ Sorot Sumatera

Walikota Padang Mahyeldi Bertekat Jadikan Padang Kota Penghafal Alquran

 PADANG- Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyambut digelarnya Seminar Internasional yang bertajuk "Balita Hafidz Quran" dengan menghadirkan DR Kamel Elleboody bersama anaknya Tabarak Kamel Elleboody di Kota Padang.

Menurut Walikota, kedatangan ayah dan anak penghafal Alquran dari Mesir tersebut diharapkan mampu memotivasi warga Kota Padang untuk bisa menjadi penghafal Alquran.

“Beliau (DR Kamel Ellboody) adalah orang yang telah menjaga dan merawat Alquran dengan menghafalnya. Kemudian juga kehadiran Tabarak Kamel Elleboody yang merupakan seorang hafidz sewaktu berusia 4,5 tahun. Semoga semakin memotivasi kita semua untuk mulai saat ini bisa menjadi penghafal Alquran,” imbuhnya saat membuka seminar yang dilangsungkan di aula di Kampus UNP Padang, Kamis (9/2).

Mahyeldi lalu menyebutkan, di negara Mesir diketahuinya terdapat suatu daerah yang memang warganya rata-rata menjadi penghafal Alquran. Oleh karena itu, ia pun berharap Kota Padang dapat bekerja sama dengan daerah tersebut nantinya.

"Karena memang sejak 2014 yang lalu, kita telah bertekad menjadikan Kota Padang sebagai kota penghafal Alquran. Maka itu anak-anak diharapkan bisa dikapitalisir terus, sehingga seluruh anak-anak muslim di Kota Padang ini nantinya diharapkan akan hafal Alquran. Dan itu sesuai potensi adat basandi syara', syara' basandi kitabullah yang berlaku di Minangkabau ini,” ujarnya.

Kemudian tambah Mahyeldi, dalam menjalankan program Padang Menghafal Alquran, Pemko yang dibantu oleh Baznas telah mendirikan sebanyak 40 rumah tahfidz hingga saat ini di Kota Padang. Tak hanya itu, di sekolah-sekolah seperti di tingkat SMA dan SMP sederajat juga banyak yang telah mengembangkan program tahfidz secara maksimal. Dan para muridnya pun juga cukup banyak yang menjadi penghafal Alquran.

"Kita berharap, para penghafal Alquran akan terus banyak lagi di kota ini. Oleh karena itu, mari kita persiapkan dan maksimalkan program menghafal Alquran ini agar terus berjalan dengan lancar. Demi terciptanya generasi muda, masyarakat serta pemimpin yang Qurani dengan senantiasa menjaga dirinya dari perbuatan negatif tentunya,” tutup Mahyeldi.

Di akhir sambutan, Walikota Padang mendapat cendera mata dari DR Kamel Elleboody berupa beberapa macam buku terkait tabarak atau metode cara menghafal Alquran dengan baik dan praktis. (humas)
Share:

Dharmasraya Dapat Kunjungan Anggota DPRD Provinsi Sumbar

Dharmasraya - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Drs Marlis MM, melakukan reses ke Kabupaten Dharmasraya, tepatnya ke Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung. Kunjungan reses ini dikemas dalam bentuk pertemuan dan temu ramah dengan masyarakat setempat, yang dilaksanakan di Aula Kantor Nagari Sikabau, Kamis (9/2). Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan, juga tampak hadir dalam kesempatan itu.

Wali Nagari Sikabau, Abdul Razak, dalam sambutannya mengucapkan ribuan terimakasih kepada Wakil Bupati Dharmasraya dan juga Anggota DPRD Provinsi Sumbar yang telah berkenan hadir dan duduk bersama masyarakat dalam kesempatan temu ramah tersebut. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, silaturrahim diantara kita menjadi lebih kuat dan masyarakat merasa lebih dekat dengan pemerintah dan juga anggota DPRD Sumbar,” ujarnya.

Selain itu, Abdul Razak juga berharap, dengan adanya pertemuan ini dapat membawa angin segar bagi masyarakat, berkaitan dengan aspirasi-aspirasi pembangunan di Nagari Sikabau yang mungkin dapat diperjuangkan nantinya di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan. Menurutnya, dengan kedatangan Anggota DPRD Provinsi Sumbar ke Nagari Sikabau ini dapat menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan harapan-harapan pembangunan untuk diperjuangkan di tingkat provinsi.

“Kami menyadari, kemampuan APBD Dharmasraya saat ini masih terbatas untuk mengcover semua harapan pembangunan yang diusulkan masyarakat. Maka dari itu, melalui momen ini kami mengharapkan, Bapak Marlis sebagai salah satu wakil rakyat Dharmasraya di Sumbar kiranya juga dapat memperjuangkan harapan pembangunan di Nagari Sikabau ini melalui APBD Provinsi Sumatera Barat,” tandas Wabup.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Marlis, menyampaikan bahwa selain silaturrahim, maksud kunjungan resesnya ke Nagari Sikabau memang adalah untuk menyampaikan informasi pembangunan yang mungkin bisa dikail oleh nagari melalui APBD Provinsi. Kemudian juga menyampaikan informasi-informasi lain yang diperlukan untuk kemajuan Nagari Sikabau kedepannya.

Menurut Marlis, hasrat dan keinginan masyarakat untuk membangun nagari menjadi lebih baik tidak akan terdukung hanya dengan APBD Kabupaten saja. Terlebih, APBD juga banyak terserap untuk belanja pegawai. “Ini memang di mana-mana terjadi, tidak hanya di daerah kita saja. Dan itu memang tidak bisa dihindari, karena begitulah struktur pemerintahan,” terang Marlis.

Namun demikian, imbuh Marlis, ada cukup banyak peluang sumber pendanaan lain yang bisa dimanfaatkan untuk membangun nagari, yang selama ini mungkin tidak dilihat secara objektif oleh masyarakat. Seperti diantaranya adalah dana nagari, APBD Provinsi, dana Pokok Pikiran Anggota DPRD, APBN serta dana dari perantau. “Tinggal lagi, bagaimana kepiawaian kita untuk menggaet sumber-sumber dana lain ini,” pungkasnya.(and)
Share:

Pemkab Dharmasraya Gelar Rapat Koordinasi Pembangunan Nagari

Dharmasraya---Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, menggelar rapat koordinasi pembangunan nagari Kabupaten Dharmasraya.

Dimana rakor pembangunan nagari ini, diikuti oleh camat dan Wali Nagari se Kabupaten Dharmasraya.

Hadir dalam rakor tersebut, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Asisten Pemerintahan, staf ahli, kepala inspektorat, kepala DPKD dan Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutannya mengatakan dimana rapat koordinasi pembangunan nagari bergunan untuk memperkuat koordinasi dan mensinergikan pelaksanaan kegiatan tahun 2017 yang akan ditempatkan dalam anggaran pendapatan belanja nagari.

"Penyelenggaraan pemerintahan nagari berdasarkan undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dan semya kita harus mempedomaninya terutama dalam penyelenggaraan pemerintah nagari,"jelasnya.

Kata Bupati, Wali Nagari diminta untuk menyusun anggaran pendapatan belanja nagari diharapkan lebih terbuka kepada masyarakat atau wakil masyarakat yang dalam hal ini Bamus nagari.

"Anggaran nagari harus dilaksanakan dengan tertib sesuai dengan peraturan menetri dalam negeri nomor 113 tahun 2015 tentang pengelolaan keuangan desa,"tegasnya.

Untuk memudahkan wali nagari dalam mengelola keuangan, kata Bupati, pemerintah Kabupaten Dharmasraya tahun ini telah memulai akan memfasilitasi adanya aplikasi sistim keuangan desa (SISKEUDES) yang merupakan kerjasama dengan BPKP.

"Langkah ini kita lakukan agar wali nagari lebih gampang dalam mempertanggungjawabkan keuangan nagari, kita akan menggunakan aplikasi ini untuk membantu nagari dalam mempertanggungjawabkan dana nagari,"tegasnya.

Bupati juga mengatakan, untuk mendukung sistim tersebut, pemerintah juga akan berupaya data nagari yang ada valid dan berbasis internet.

"Pemerintah tahun ini akan mendukung program data nagari berbasis internet, kita akan menyediakan operator server pada setiap nagari dan mempersiapkan aparatur nagari yang berkualitas,"tegasnya.

Disamping itu, Bupati juga meminta kepada wali nagari untuk membudayakan kembali gotong royong bersama masyarakat sehingga masyarakat timbul kepedulian terhadap nagari serta lingkungan.

"Alhamdulilah saya sering memantau kegiatan camat dan nagari, beberapa camat dan nagari sudah memulai budaya goro. Saya minta yang belum juga segera melakukan, mari kita galakkan goro ditengah tengah masyarakat,"tandasnya. (hms)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.