Header Ads

  • Breaking News

    Untuk Mudahkan Kebutuhan Masyarakat DPRD Agam Hasilkan 6 Ranperda Inisiatif


                                                                   

    Lubukbasung, SorotSumatera.com — Enam ranperda inisiatif DPRD Agam telah disepakati dalam program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tahun anggaran 2018.
    Keenam renperda tersebut tersebut yaitunya, ranperda tentang ketertiban umum dan bamus nagari yang diinisiasi Komisi 1 DPRD. Kemudian ranperda tentang pokok-pokok keuangan nagari merupakan inisiatif dari Komisi II DPRD Agam.
    Serta ranperda tentang jasa penerangan lampu umum (JPU) dari Komisi III DPRD. Lalu ranperda tentang pelestarian seni dan budaya di salingka ranah Agam dan renperda pengelolaan pariwisata oleh pemerintah dan swasta inisiatif dari Komisi IV DPRD Agam.
    Ketua Bapemperda DPRD Agam Irfawaldi mengatakan, ranperda inisiatif dari masing-masing komisi tersebut sebelumnya telah diusulkan dalam rapat kerja bersama badan pembentukan perda (Bapemperda) dengan pemerintahan pada 17-19 November 2017.
    Serta telah melalui rapat kerja dengan tim ahli dari Kanwil Hukum dan HAM provinsi Sumbar.
    “Sebelumnya ada 8 ranperda inisiatif yang diusulkan DPRD, tiga ranperda inisiatif Komisi I, satu dari komisi II, dua dari komisi III dan dua dari komisi IV.
    Namun setelah dilakukan pembahasan oleh Bapemperda disepakati ada enam yang akan dibahas pada 2018 mendatang,” ujarnya.
    Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra berharap agar ranperda inisiatif Komisi tersebut dapat menjawab kebutuhan masyarakat.
    “Ranperda inisiatif memang kita lihat dari kebutuhan masyarakat dan daerah. Jadi kita berharap ranperda itulah yang nanti sebagai pengaturan dan menjawab terhadap kebutuhan masyarakat dan daerah,” ujarnya pada  usai menutup rapat paripurna di aula sidang DPRD Agam, Selasa (21/11).
    Dalam rapat paripurna tersebut terdapat 18 rancangan peraturan daerah yang disepakati dalam propemperda tahun 2018 mendatang. Enam ranperda inisiatif DPRD, tujuh ranperda lanjutan pembahasan pada tahun 2017 dan lima ranperda dari Pemkab. Agam.(hms)

    OLAHRAGA

    Post Bottom Ad

    ad728