• Ketua DPRD Agam selaku pembaca Ikrar Hari Kesaktian Pancasila

    Upacara Hari Kesaktian Pancasila
    Agam- Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017, di halaman Kantor Bupati Agam, Senin (2/10), berlangsung khitmad. Upacara diikuti ASN Agam, PGRI, TNI, Polri, Pramuka, dan Siswa di Kecamatan Lubuk Basung.
    Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria, Dt. Tumangguang Putiah bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Ketua DPRD Agam selaku pembaca Ikrar Hari Kesaktian Pancasila, dan dihadiri Kepala OPD, Forkopimda, Camat, TP-PKK Agam, serta Kepala Bank Nagari Lubuk Basung.
    Trinda Farhan Satria, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Agam tiap tahunnya selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila tersebut, agar mempu menumbuhkan, dan menggelorakan semangat nilai-nilai dasar kehidupan berbangsa, yang digali dari nilai asli Pancasila itu sendri.
    "Yang jelas, setiap idiologi kita pakai, dipegang, dan dijadikan sebagai falsafah dalam hidup," ujarnya.
    Menurutnya, salah satu pengalaman sejarah yang berharga dialami bangsa indonesia yaitu, puncaknya yang sangat luar biasa dengan pemberontakan G30S/PKI. Intinya, ingin menenggelamkan, dan merubah falsafah dasar Pancasila tersebut.
    Untuk itu, moment itu dijadikan sebagai momentum berharga untuk menghidupkan, dan menggelorakan terus nilai dasar kehidupan berbangsa bagi generasi muda di Indonesia, khususnya di Kaupaten Agam.
    "Kita mempunyai nilai yang sebenarnya bisa menuntun, dan mengarahkan kehidupan kita ke yang lebih baik, mulai dari segi keagamaan, ketuhanan, keadilan. Dan itu sangat sesuai dengan apa yang menjadi nilai pegangan dalam kehidupan masyarakat, terutama di Kabupaten Agam," katanya mengakiri.(*)