Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ Anggota DPRD Hadiri RTRW Untuk Pembangunan Kabupaten Agam ~ Sorot Sumatera

Anggota DPRD Hadiri RTRW Untuk Pembangunan Kabupaten Agam

RTRWSangatStrategiUntukPembangunanKabupatenAgam
Agam.-Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kabupaten sangat strategis bagi pembangunan kabupaten Agam. Oleh karenanya, perlu segera disusun dan ditetapkan agar menjadi pedoman semua pihak.

Pernyataan itu  disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan H. Isman Imran, mewakili bupati Agam saat membuka konsultasi publik penyusunan RTRW  Agam tahun 2010-2030, di Hotel Nuansa Maninjau, Kamis (14/9) .

"RTRW kabupaten yang kita susun ini harus sinergi dengan RTRW provinsi dan pusat, sehingga kebijakan,  strategi yang termuat dalam RTRW  sesuai dengan arahan dari pusat dan provinsi, "ujar Isman Imran.

Menurutnya, salah satu misi RPJMD Kabupaten Agam sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang melaksanakan pembangunan berkelanjutan, berwawasan lingkungan, tata ruang, mitigasi bencana dan menjadikan Agam sebagai destinasi pariwisata unggulan yang  sesuai amanat UU Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Lebih lanjut, mantan Kepala Bappeda Agam itu menjelaskan, pada dasarnya ada dua komponen pokok dalam dokumen RTRW yaitu pengaturan tentang wujud struktur ruang dan wujud pola ruang. Struktur ruang terkait dengan susunan pusat pemukiman dan jaringan prasarana dan saarana sebagai pendukung kegiatan masyarakat. Sedangkan pola ruang terkait dengan distribusi peruntukan ruang seperti fungsi lindung dan fungsi budidaya.

Karena rentang waktunya sampai 20 tahun, kata Isman, maka RTRW ini endingnya harus mampu melihat ke depan serta lebih penting lagi mampu mengantisipasi isu-isu strategis di masa depan seperti potensi krisis pangan, krisis energi, krisis lingkungan termasuk krisis moral di tengah masyarakat. Sebab indikasi dari berbagi krisis tersebut sudah mulai terasa saat ini, dengan tidak melupakan kondisi daerah perbatasan.

Dalam acara ini yang dihadiri dari anggota DPRD, unsur OPD terkait, camat se-Agam, walinagari se-Agam, LSM dan tokoh masyarakat, Isman meminta semua pihak memberikan masukan yang konstruktif sehingga dokumen RTRW yang ada akan semakin lengkap dan berkualitas sehingga bisa cepat di perda-kan. "Memang masih ada beberapa poin yang harus kita sempurnakan dalam draf RTRW ini, meski demikian draf yang disusun tim hampir memadai," kata Isman.(*)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.