• Anggota DPRD Agam Dukung Tambahan Alkes di RSUD Lubuk Basung

    AGAM – Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam, mendukung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung untuk membeli alat kesehatan (alkes) dalam meningkatkan pelayanan kepada pasien yang berobat.
    “Kita mendukung RSUD Lubuk Basung untuk membeli alat kesehatan karena laporan yang kami dapat alat kesehatan di rumah sakit itu sudah berusia sekitar 30 tahun,” kata anggota DPRD Agam, Masrizal, SH kepada padangmedia.com di Lubuk Basung belum lama ini.
    Dengan kondisi alat seperti itu, kata Masrizal, pasien tidak terlayani dengan maksimal sehingga mereka dirujuk ke rumah sakit lain.
    Menurut Politisi Partai PKS itu, apabila alat kesehatan dilengkapi dan diperbaharui, maka tidak ada lagi pasien yang dirujuk. Sementara, anggota DPRD lainnya, Helmon Dt. Hitam menambahkan, dengan lengkapnya alat kesehatan maka dapat menambah pendapatan rumah sakit itu.
    “Pemerintah harus mencarikan dana untuk pengadaan alat kesehatan ini dan setelah alat lengkap baru membangun fisiknya,” ungkap politisi Partai Hanura itu.
    Sebelumnya, Direktur RSUD Lubuk Basung, Nurmalis mengakui bahwa alat kesehatan di rumah sakit sudah berusia 30 tahun dan ada yang rusak.
    “Alat kesehatan ini dibeli semenjak RSUD itu didirikan dan tidak ada peremajaan,” katanya.
    Untuk membeli alat kesehatan ini, RSUD Lubuk Basung membutuhkan dana sebesar Rp54 miliar yang akan digunakan untuk pengadaan alat ronsen, Ultrasonografi (USG), alat operasi mata, alat pencuci darah, telingga dan lainnya.(*)