• Payakumbuh: Pasar Pabukoan Tahun Ini di Halaman Kantor Walikota

    Payakumbuh,SS-Pemko Payakumbuh  melalui rapat persiapan memasuki bulan Ramadhan 1438 H di Balaikota Bukik Sibaluik, Jumat (12/5) lalu, Lokasi Pasa Pabukoan tahun ini ditetapkan di halaman kantor Balaikota baru, ex lapangan Poliko Payakumbuh.

    Sebelumnya dalam rapat tersebut, Assiten II Amriul Dt.Karayiang mengharapkan, “dengan ditetapkan lokasi pasa pabukoan di halaman Kantor Walikota yang baru itu, akan berjalan dengan baik mudah-mudahan pedagang akan lebih nyaman dan aktifitas lalulintas di pusat pertokoan payakumbuh tidak terganggu,” kata Amriul.


    Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh,  H. Dahler, SH, mengatakan, kepada SS di ruang kerjanya, Rabu (17/5), “berbeda dari tahun – tahun sebelumnya Pasa Pabukoan kali ini kita adakan di ex lapangan Poliko Payakumbuh. Hal ini diharapkan tidak akan mengganggu aktifitas di jalan raya dan masyarakat pun nyaman saat berkunjung ke Pasar Pabukoan kota Payakumbuh nantinya,” kata Dahler.


    “Mulai dari simpang Kasda, Jalan Sudirman sampai simpang Benteng, baik dari sisi kiri dan kanan tidak diperbolehkan berjualan pabukoan. Dan bagi pedagang dadakan baik siang maupun malam akan ditampung di jalan Soetan Usman,” pungkas Dahler.

    Dahler juga mengatakan, “lokasinya strategis dan mudah dijangkau pengunjung dari berbagi sisi. Pemilihan lokasi tersebut sudah dengan pertimbangan beberapa unsur terkait, diantaranya Sekdako Payakumbuh Benni Warlis diwakili Asisten II Amriul Dt. Karayiang, Dishub, Satlantas, TNI, Satpol PP  dan SOPD lainnya, ”tutur Dahler.

    Sementara itu, salah seorang pedagang tahu di pasar  Ibuh Payakumbuh, Junedi (26) mengatakan, “pasar Pabukoan ini memang rutin setiap tahunnya di bulan Ramadhan. Pembeli tentu akan puas jika yang dibeli itu ditempat yang nyaman, aman dan bersih. Namun, jika lokasinya tidak menarik dan bersih percuma saja,” sebut Junedi. (Bayu)