Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ Mundurnya Pejabat Eselon II, Riza Falepi Bantah Tudingan Bungkam Wartawan ~ Sorot Sumatera

Mundurnya Pejabat Eselon II, Riza Falepi Bantah Tudingan Bungkam Wartawan

Payakumbuh,SS-Terkait dengan pemberitaan salah satu media online yang menuding Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, membungkam wartawan Luak Limopuluah dengan studi komparatif ke Pekanbaru, Riza dengan tegas membantah hal tersebut. Apalagi studi komparatif tersebut dikaitkan dengan mundurnya pejabat di lingkungan Pemko Payakumbuh yang mengakui kesalahannya dalam hal keuangan.

Melalui pesan Whatapsnya ke media ini, Selasa (16/05) lalu, Riza menyampaikan bahwa tidak ada sangkut pautnya studi komparatif wartawan ke Pekanbaru dengan pengunduran diri pejabat di Pemko Payakumbuh. “Perlu diketahui, biaya studi komparatif ini dianggarkan tahun lalu. Ini dianggarkan lebih kepada apresiasi Pemko kepada wartawan yang telah bekerja dengan baik menyebarkan berita secara objektif.   Sehingga Pemko Payakumbuh merasa terbantu ketika berita tersebut diketahui masyarakat,” ujar Riza.

 Sehubungan dengan pengunduran diri pejabat eselon dua, Riza mengatakan langkah itu harus diambil walaupun pejabat tersebut dikenal dekat dengan Walikota. "Urusan kepala dinas ini sudah begitu terbuka. Bawahannya yang merupakan bendahara dinas, memakai dana untuk keperluan di luar kantor sehingga tekor dan bahkan tidak bayar pajak di akhir tahun.  Walaupun pelakunya staff golongan dua, saya apresiasi eselon dua atau kepala dinas maupun badan yang merasa bertanggung jawab sebagai pengguna anggaran," tukuk Riza.

Riza menambahkan dimana logikanya kegiatan yang dianggarkan tahun lalu tapi sudah diniatkan untuk membungkam wartawan terkait mundurnya pejabat yang kejadiannya baru tahun ini. "Mudah-mudahan ke depan kita lebih menghadirkan berita berimbang agar tidak terperangkap subjektivitas apalagi memfitnah orang," pungkas Riza.

 Sebelumnya, Jumat (12/05) sore, puluhan wartawan yang tergabung dalam Balai Wartawan (BW) Luhak Limopuluah sudah melaporkan media online tersebut ke Polsek Kota Payakumbuh dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Wakil Ketua BW Marjohan, melaporkan media online yang ditenggarai telah membuat berita sepihak serta tandensius hingga berujung fitnah dengan nomor LP/K/68/V/2017/ Sekta atas pencemaran nama baik terhadap seluruh anggota Balai Wartawan.

Menurut Marjohan, terkait isi pemberitaan dari salah satu media online tersebut disitu ditenggarai menyebutkan bahwa pihak Kominfo kota Payakumbuh berhasil bungkam 50 orang wartawan Luhak Limopuluh,dengan pelesiran yang dikemas apik dengan Study Koperatif ke Kota Pekanbaru 9-10 Mai 2017 dengan pencairan dana APBD sebesar 120. Juta Rupiah.

“keberangkatan 50 orang wartawan Luhak Limopuluah menurut isi pemberitaan media online tersebut, sudah menjurus ke fitnah dan tidak berdasar tuduhan yang dialamatkan ke anggota BW, ” sebut Marjohan.

Hal senada juga dikatakan Meldy Sulhendri, Sekretaris BW, menurutnya, pemberitaan yang dilakukan oleh media online soal anggota balai wartawan Luhak Limopuluah adalah sepihak, tandensius, dan menjurus fitnah.

Kepergian 50 anggota BW dalam kegiatan studi Koperatif ke kota Pekanbaru, pada 9-10 Mei 2017 yang lalu, telah jauh jauh hari direncanakan.” Kegiatan ini sudah sejak tahun 2016 lalu direncanakan dan jauh sebelum pilkada. Oknum wartawan yang membuat berita di media online tersebut, tidak pernah melakukan konfirmasi dan klarifikasi kepada pengurus BW terkait pemberitaan yang dikeluarkan, ” sebut Meldy Sulhendri wartawan harian Rakyat Sumbar.

Tak kalah meradang, Dodi Sastra, wartawan senior dari harian Koran Padang, mengatakan, “Kalau dia benar- benar paham dengan kode etik jurnalistik tolong buktikan dimana kami terkesan bungkam dan dianggap secara tandensius telah diam karena diberi jatah jalan jalan,” sebut Dodi. (***)



Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.