• Kesenjangan Distribusi Pendapatan Dan Kekayaan Penduduk Masih Kurang 60 Persen

    Payakumbuh,SS-Ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk, masih sekitar 40 persen, koefisien Nisbah Gini atau Gini Ratio tahun 2017 angkanya membaik dibanding tahun sebelumnya.

    “Persoalan pemerataan hampir merupakan masalah semua bangsa. Bahkan negara-negara maju pun berkutat dengan isu kesenjangan yang sama. Bahkan, beberapa negara mencatatkan indeks yang lebih tinggi, lebih senjang, dibanding Indonesia,” kata Wakil Walikota Payakumbuh, Suwandel Muchtar, membacakan sambutan Menkominfo Rudiantara, sewaktu menjadi Inspektur Upacara, Hari Kebangkitan Nasional ke-109, di kantor Walikota Payakumbuh, Bukik Sibaluik, Senin (22/5).

    Selanjutnya dikatakan, berlatarbelakang pemikiran tersebut, tema “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional” , menjadi pesan yang tepat dan seyogyanya diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kepada masyarakat dan bangsa.

    Pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor. Misalnya di sektor kelistrikan, telah dilaksanakan di 2.500 desa yang belum mendapat aliran listrik. Kebijakan pemerataan dilakukan melalui subsidi listrik yang difokuskan kepada masyarakat menengah ke bawah. Sehingga bisa dialukan relokasi subsidi listrik tahun 2016 sebesar Rp. 12 triliun, dialihkan menunjang sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

    Pembangunan infrastruktur diperlukan untuk meningkatkan pemerataan ekonomi. Salah satunya infrastruktur jalan raya. Baru-baru ini Presiden Republik Indonesia Jokowi, berkenan menjajal langsung jalan Trans-Papua yang sudah hampir selesai dibangun. Dari 4.300 kilometer jalan raya Trans-Papua, 3.800 kilometer di antaranya telah dibuka.

    “Dalam bidang agraria, juga telah diluncurkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE) yang bertumpu pada lahan, kesempatan, dan SDM. Di sektor Kominfo, pemerintah juga melakukan pemerataan melalui program Palapa Ring, berupa proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia, sehingga keberadaan internet berkecepatan tinggi dapat dinikmati secara luas,” ungkap Suwandel

    Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Suwandel Muchtar, menyerahkan Piagam Penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur kepada UPTD Puskesmas Padang Karambia atas inovasi Klinik Berhenti Merokok sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2017. (Bayu)