• DPRD Agam: Paripurnakan RPJMD 2016-2017 Tujuh Fraksi Sambut Baik Penjelasan Bupati

    PARIWARA DPRD KABUPATEN AGAM

    AGAM-Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Agam menggelar rapat paripurna tentang Padangan Umum Bupati Agam menyampaiukan tentang  nota Penjelasan Perubahan Perda Nomor 6 tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021. Paripurna yang digelar di Aula Sidang Utama DPRD, Jumat (12/5) dipimpin Wakil Ketua DPRD Lazuardi Herman didampingi Wakil Ketua Suharman serta Wakil Ketua Taslim. Diikuti seluruh Anggota DPRD agam berserta Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria dan unsur Forkopinda, Asisten, BUMN, BUMD, Kepala OPD, Ormas, LSM, dan insan pers bundo Kanduang.

    Dalam rapat, 7 fraksi secara langsung menyampaikan pandangan umum tentang Nota Penjelasan Bu¬pati Agam terhadap Ran¬perda tentang Perubahan Perda Nomor 6 tahun 2016 RPJMD 2016-2021. Yakni dari Fraksi Demokrat disampaikan Drs Feri Adrianto, kemudian Fraksi PPP, kemudian dari Fraksi PKS Safrudin, dari Fraksi Partai Gerindra disampaikan oleh Erdinal. Sedangkan dari Fraksi Nasdem Hanura disampaikan oleh Zul Iksan. Selanjutnya dari Fraksi PAN disampaikan Irfan Amran yang terakhir Fraksi Partai Golkar Plus PBB yang di sampaikan oleh Anton.

    Ketuju fraksi menyambut baik atas Penyampain Nota Penjelasan Bupati Agam terhadap Ranperda RPJMD pada 8 Mei 2017 kemarin. Karena penyampaian Ranperda merupakan amanat dari Peraturan Perundang-undangan, di antaranya instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 6/2911/SJ tahun 2016 tentang Tindak Lanjut PP No.18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Pada poin kedua menyatakan bahwa segera melakukan penyesuaian dokumen Rencana Pembanguna Daerah sesuai kelembagaan Perangkat Daerah yang dibentuk berdasarkan PP No.18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.


    ”Dan dalam hal ini Pemkab Agam telah menetapkan Perda nomor 11 tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan Perangkat Daerah,” ungkap Feri Adrianto dari Fraksi Partai Demokrat.
    Anggota Fraksi Golkar dan PBB Anton juga memberikan apresiasi serta penghargan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Agam atas perhatian yang besar terhadap perwujudan tatakelola oleh DPRD bersama Pemerintah Daerah. ”Seperti yang sedang kita laksanakan pada kesempatan ini. Perlu kami sampaikan bahwa dalam pandangan umum ini tentang Ranperda Nomor 6 tahun 2016 ini dari Faksi Golkar dan PBB perlu memberikan saran dan pendapat,” katanya.


    Di antaranya, sebutnya, perlu menetapkan target target pencapaian dengan terukur. Seperti target peningkatan PAD. Kemudian perlu perubahan terhadap beberapa subtansi program, dan indikator kinerja program sudah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sehingga visi, misi, tujuan dan saran serta priorotas pembangunan tahun 2016-2021 yang dite-tapkan tidak berubah. 


    ”Maka dari itu kami dar Fraksi Golkar dan PBB menyarankan kepada pimpinan DPRD dan Pemerintah Daerah utamanya Sekda selaku stakeholder penyelenggara administrasi Pemerintah Daerah untuk meningkatkan koordinasi terhadap semua OPD dan Lembaga DPRD. Sehingga kekurangan pemahaman terhadap persolan yang dihadapi serta yang direncanakan dapat diatasi dengan baik,” katanya.


    Terakhir, sebutnya, kami juga perlu mengingatkan bahwa tidak beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadan. ”Maka kami atas nama Fraksi Golkar dan PBB mewaliki semua fraksi serta anggota DPRD lain menyampaikan permohonan maaf kepada kita semua Pemerintah Kabupaten Agam dan masyarakat Kabupaten Agam atas segala kekurangan dan kekilafan selama ini. Kami selaku anggota DPRD Agam berseta pimpinan selama melaksanakan tugas kedewanan selama ini,” katanya. (*)