Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ Dinas Kesehatan Adakan Senam Sehat dan Pemeriksaan Kesehatan Secara Gratis ~ Sorot Sumatera

Dinas Kesehatan Adakan Senam Sehat dan Pemeriksaan Kesehatan Secara Gratis

Payakumbuh,SS-Hipertensi merupakan penyakit yang sangat berbahaya, di Payakumbuh penyakit Hipertensi menempati urutan ketiga terbanyak diderita masyarakat dan menjadi penyebab kematian tertinggi di tahun 2016 lalu. 


Mengantisipasi penyakit tidak menular (PTM) khususnya Hipertensi di kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Padang Karambia, sebuah puskesmas Terakreditasi Madya pertama kali di pulau Sumatera tahun 2016 lalu, yang juga memperoleh predikat TOP 99 Inovasi Layanan Publik di 20 Mei 2017 lalu mengadakan  kegiatan senam sehat dan pemeriksaan kesehatan gratis secara rutin di halaman Balaikota Payakumbuh di Bukik Sibaluik, Jumat (19/05) lalu.

Sebagai perwujudan keseriusan Pemko dalam hal ini, pada hari selanjutnya, Dinas Kesehatan bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Payakumbuh juga kembali mengadakan kegiatan Gebyar Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang berlangsung di halaman Kantor Pemerintahan Payakumbuh di Poliko, Sabtu (20/5) pagi.

Gebyar Prolanis ini mengangkat tema “Sehatkan Gaya Hidup, Hidupkan Gaya Hidup Sehat” diawali dengan acara senam sehat bersama serta kembali dilakukan pemeriksaan kesehatan penyakit tergolong prolanis yaitu hipertensi, gula, asma, PPOK-penyakit paru-paru kronis, diabetes mellitus, Kegiatan ini juga berlangsung cukup meriah dihadiri para ASN dan kelompok Prolanis dari masing-masing kecamatan.



Kegiatan ini didahului dengan senam pagi bersama yang diikuti oleh sejumlah pimpinan OPD dan jajaran ASN di lingkungan Sekretariat Daerah dan dinas lainnya, berlangsung dengan penuh semangat dan keceriaan. 

Kegiatan ini dilakukan atas anjuran dari Walikota Payakumbuh, Riza Falepi kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan rutin para ASN setiap bulannya. Harapannya, dengan pemeriksaan ini para ASN dapat dicegah secara dini, resiko bahaya hipertensi pada aparatur pemerintah, sehingga pelayanan masyarakat dapat terus dijaga. Walikota yang konsern dengan kesehatan para aparatur daerah ini terbilang beberapa kali menganjurkan kegiatan pemeriksaan kesehatan aparatur semasa pemerintahannya, seperti pemeriksaan darah, periksa urine sampai dengan himbauan GSB (Gerakan Subuh Berjamaah) yang sangat bermanfaat secara spiritual juga menjaga kebugaran aparatur di setiap pagi.



Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan, Elzadaswarman, SKM.MPPM ,saat dihubungi SS menyampaikan, “Kegiatan pemeriksaan ini didukung oleh BPJS Kota Payakumbuh, dan tidak hanya senam sehat namun sejumlah pemeriksaan kesehatan lainnya juga ada. Selain pemeriksaan tensi darah, juga dilakukan pemeriksaan lain diantaranya cek darah, cek kadar karbon dalam darah (smoke analizer) khusus bagi para perokok, pemberian terapi berhenti merokok, sosialisasi IVA, dan penyuluhan kesehatan. 

Disisi lain, upaya dalam menjaga kondisi ASN terhindar dari Hipertensi, strategi yang paling jitu adalah melalui slogan  CERDIK. CERDIK adalah slogan kesehatan yang setiap hurufnya mempunyai makna yaitu; C=Cek kesehatan secara berkala, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktifitas fisik, D=Diet sehat dengan kalori seimbang, I=Istirahat cukup dan K= Kelola stress. Perilaku CERDIK ini dapat diterapkan melalui kegiatan Posbindu PTM (penyakit Tidak Menular) yang acapkali digelar oleh Puskesmas se-Payakumbuh rutin tiap bulan,” jelas Eldaswarman. (Bayu)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.