• SMP N 4 Payakumbuh, Guru dan Murid Berhamburan Keluar Kelas

    Payakumbuh,SS–Ratusan murid dan majelis guru berhamburan lari keluar kelas. Terdengar sirine gempa berbunyi sangat kencang. Semua panik. Ada sejumlah siswa yang tertimpa plafon atap yang jatuh di kelas mereka. Sejumlah murid yang memiliki keterbatasan fisik, ditolong teman-temannya untuk keluar dari ruangan kelas dan riuh terdengar suara takbir dari mulut siswa dan majelis guru.


    Kegiatan Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Kota Payakumbuh di atas, dibuka Walikota Payakumbuh, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Yoherman, di SMP 4 Kota Payakumbuh, Rabu (26/04-2017). Tampak juga hadir Kepala BPBD Kota Payakumbuh Yufnani Away, Kadinas Pendidikan diwakili Tavril Syamri, dan Kepala SMP 4 Payakumbuh Defi Marlitra dan sejumlah pejabat Pemko Payakumbuh lainnya.


    Diskenariokan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh, dibantu anggota Pramuka dan Tim UKS sekolah, bahu mambahu menolong korban dan langsung membuat Posko Bencana, mendata korban dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan korban gempa selanjutnya.


    “Kalau dulu penanganan bencana bersifat responsif, kini menjadi preventif. Walaupun Kota Payakumbuh termasuk daerah aman, bukan berarti kita tidak siaga. Simulasi ini adalah bentuk kegiatatan preventif dari kesiapsiagaan bencana. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada SMP 4 Payakumbuh bersama jajarannya yang telah bersedia menjadi tempat kegiatan. Karena kegiatan ini divideokan dan dilombakan, kami berharap kita semua dapat mengikutinya dengan serius,” harap Yufnani.


    Asisten I Yoherman, saat membuka kegiatan mengatakan, ada 514 daerah yang juga sedang melaksanakan hal yang sama dengan Payakumbuh. Kegiatan simulasi ini akan divideokan. Videonya akan dinilai di pusat. “Untuk Kota Payakumbuh diwakili SMP 4. Mudah-mudahan dengan partisipasi dan keseriusan kita bersama, SMP 4 Payakumbuh dapat masuk nominasi di tingkat nasional,” sambungnya.


    Di akhir arahannya, Yoherman mengatakan, Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan apresiasi yang tinggi kepada SMP 4 Payakumbuh. Dan mengajak seluruh siswa untuk serius mengikuti simulasi ini. (Bayu)