18 April 2017

sorot sumatera

Payakumbuh, Satpol PP Amankan Pemuda Penghisap Lem

Payakumbuh,SS-Patroli harian satpol pp dan Damkar Payakumbuh kembali berhasil mengamankan pelaku penyalahgunaan lem di RTH Batang Agam, Payakumbuh pada Rabu Siang, (12/4).Pelaku berinisial YM umur 21 tahun warga Kelurahan ibuh, sehari hari bekerja sebagai petugas parkir di pasar ibuh, diamankan sedang asyik menghisap lem, dan diketahui petugas satpol pp dan selanjutnya dibawa ke kantor pol pp, ex lapangan Poliko utk dilakukan pemeriksaan, demikian pejelasan Devitra, Kasatpol PP dan Damkar. 


Kepada petugas, YM mengaku sudah ketagihan menghisap lem sejak berusia smp, dan putus sekolah sejak kelas 2 smp. Penyidik PPNS Yoserizal yang melakukan pemeriksaan akhirnya juga memanggil orang tua YM yang sehari hari berjualan di pasar ibuh, sesuai protap atas pengamanan ini. 

Lanjut, Devitra menjelaskan bahwa untuk mengurangi bahaya penyalahgunaan lem di Kota Payakumbuh, pada tahun 2015 sudah punya Perda No 10 th 2015 tentang larangan penyalahgunaan fungsi lem."Atas dasar Perda tersebut kami selanjutnya berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan dinas sosial untuk tindakan upaya rehabilitasi pelaku", ujar Devitra 


Salah satu petugas  unit rehabilitasi Institusi penerima wajib lapor (IPWL) Generasi Muda Payakumbuh (GEMPA) yang kebetulan siang itu sedang berada di dinas sosial langsung meluncur ke satpol pp.Dua orang petugas IPWL yang bernama Ira dan Rima yang merupakan tenaga lulusan STKS yang mendapatkan SK khusus dari kementerian sosial selanjutnya berkomunikasi dengan pelaku dan orang tuanya untuk melakukan assesment.  Setelah itu diharapkan dengan kesadaran sendiri atau dibantu keluarga di rehabilitasi di IPWL Gempa yang beralamat di perumahan mutiara hati subarang batuang payakumbuh barat. 


Setelah dilakukan assesment dan pendekatan oleh Ira dan Rima, YM yang awalnya tidak mau direhabilitasi karena menyangka tempat tersebut adalah penjara, akhirnya YM kemudian bersedia untuk di rehabilitasi di IPWL GEMPA dengan persetujuan orang tuanya. 

Dengan didampingi petugas satpol pp dan staf dinas sosial, YM dibawa langsung ke lokasi IPWL GEMPA. Semoga upaya yg dilakukan berhasil dan mampu mengurangi penyalahgunaan lem di kota Payakumbuh, pungkas Devitra mengakhiri. (Bayu) 

sorot sumatera

About sorot sumatera

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :