25 April 2017

sorot sumatera

Lomba Malamang, Meriahkan Hari Jadi Pessel Ke 69 Tahun

PARIWARA PEMKAB PESSEL

PESSEL-Pesisir Selatan Baralek Gadang, Festival Langkisau salah satu acara yang sangat meriah dimerihakan dengan bermacam-macam perlombaan salah satunya tradisi malamang, dalam acara Festival Langkisau tersebut diperkirakan Sebanyak 30 ribu pengunjung menyaksikan Festival Langkisau yang digelar mulai 16 April  2017. Agenda tahunan pariwisata itu telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Irwan Prayitno diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, Minggu (16/4) di Pantai Carocok Painan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel yang juga selaku Panitia Pelaksana, Zefnihan mengungkapkan, pihaknya memperkirakan sebanyak 30 ribu pengunjung akan menyaksikan Festival Langkisau 2017. Para pengunjung tidak hanya datang dari dalam, tetapi juga luar provinsi seperti Riau, Jambi, Bengkulu dan lainnya.

Ia menambahkan, Festival Langkisau merupakan salah satu bentuk kegiatan Pemkab Pessel dalam mempromosikan potensi wisata dan budaya, sekaligus berdampak postifi terhadap perekonomian masyarakat.Kepala Dinas Pariwisata Sumbar,  Oni Yulfian dalam kesempatan itu mengapresiasi pelaksanaan Festival Langkisau yang rutin digelar setiap tahunnya. Itu merupakan bukti keseriusan Pemkab dalam mengembangkan potensi wisata dan budaya yang ada."Kita semua tahu,  Pesisir Selatan sangat dikenal dengan keindahan alam dan budayanya. Untuk itu kita berharap agar Festival Langkisau yang menampilkan berbagai potensi daerah, seni dan budaya tetap digelar setip tahun," pintanya.

Sementara Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni  menyatakan, Festival Langkisau merupakan agenda penting dalam rangka mengembangkan potensi wisata dan budaya, sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri."Saya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas kelangsungan kegiatan ini. Semoga event ini berdampak positif bagi kemajuan pariwisata Pesisir Selatan kedepan," ulasnya.

Dalam acara Festival Langkisau tersebut Sebanyak 20  nagari di kecamatan IV Jurai Pessel melaksanakan kegiatan malamang bersama dalam memeriahkan Hari Jadi Pessel ke 69, kegiatan malamang tersebut dilaksanakan di lapangan voly Rangeh Gadang Sago kecamatan IV Jurai Pessel,Kamis (20/4).

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni merespon positif kegiatan malamang yang dilakukan oleh perangkat nagari IV Jurai tersebut, bahkan mengajak masyarakat agar  budaya malamang sebagai  warisan orang tua perlu dilestarikan di setiap nagari,kemudian  bupati memberikan apresiasi  kepada camat IV Jurai Pessel  Salman Alfarisi yang telah mampu  merangkul nagari melakukan kegiatan  malamang basamo dalam mengisi  alek gadang ulang tahun daerah Pessel Selatan 2017 ini .

Menurutnya, Pada tahun 2018 mendatang, kegiatan malamang dapat diperlombakan  dengan peserta antar kecamatan di Pessel, Kita berharap nanti Pessel bisa mendapatkan rekor Muri, malamang terpanjang dan terbanyak, jenis masakan ini  selain untuk komsumsi keluarga juga mempertahankan warisan orang  tua agar tidak hilang ditelan masa dan terus untuk dikembangkan.

Setiap peserta  menampilkan 20 batang  sampai 40  batang lamang yang dimasak bersama oleh perangkat nagari dalam satu hamparan, lamang merupakan jenis makanan yang terbuat dari beras ketan yang telah diberi bumbu masak serta  air santan kelapa, bahan makanan ini dimasukan kedalam buluh bambu yang di dalamnya sudah dilapiskan dengan daun pisang, beras ketan yang sudah diberikan bumbu masak tersebut dimasak dengan cara dipanaskan dengan  bara api sampai matang .

Salah seorang peserta dari Nagari Sago-Salido Pessel Warni merasa banga, melalui kegiatan malamang bersama ini, setidaknya juga akan dapat berbagai pengalaman dan pengetahuan tentang cara membuat lamang yang enak,selama ini tradisi malamang biasanya dilakukan oleh masyarakat ketika  menyambut hari besar islam,acara kematian  dan lainnya, masakan ini  digunakan  sebagai bahan makanan dengan rasanya yang gurih dan enak,bahan makanan ini  salah satu jenis makanan yang disukai oleh masyarakat.(*)

sorot sumatera

About sorot sumatera

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :