Ketua LKAAM, Wirianto Dt Paduko Bosa Marajo : Ajak Masyarakat Kembali Bersatu Membangun Payakumbuh

Payakumbuh,SS–Kondisi masyarakat Payakumbuh yang sempat terbagi dukungannya dalam Pilkada Payakumbuh 2017 tampaknya mendapat perhatian dari berbagai pihak. Walaupun secara umum suasana kampanye dan tahapan pilkada berjalan kondusif dan aman, himbauan untuk kembali bersatu dan membangun Payakumbuh tetap berdengung.



Salah satunya dari Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Payakumbuh Wirianto Datuak Paduko Bosa Marajo. Ketua LKAAM mengajak agar masyarakat Payakumbuh kembali bersatu membangun Payakumbuh setelah pilkada berakhir. Semua pihak harus siap menerima hasil Pilkada terutama setelah diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu yang lalu. Pepatah Biduak Lalu Kiambang Batauik tetap menjadi komitmen sebagaimana saat deklarasi sebelum masa kampanye dulu.



"Mulai sekarang jangan ada lagi ini pendukung atau relawan pasangan nomor satu, dua, dan tiga. Semuanya masyarakat Payakumbuh, dan mari bersatu membangun daerah sesuai dengan posisi dan tupoksi masing. Bagi yang kalah terima kekalahan dengan lapang dada, dan pihak yang menang terima kemenangan dengan rendah hati. Mulai saat ini mari kembali bersatu,” ujar Dt. Paduko Bosa Marajo.


Hal senada juga dikatakan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pilkada Payakumbuh 2017 dan Pengumuman Akhir Masa Jabatan Walikota dan Wakil Walikota periode 2012-2017 yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Senin (10/04) mengatakan bahwa menang kalah adalah suatu hal yang biasa. Yang lalu biarlah berlalu. Biduak lalu kiambang batauik. Mari kita satukan hati untuk membangun Payakumbuh bersama-sama.


Terkait dukungan berupa perolehan suara dari masyarakat Payakumbuh di Pilkada 2017 lalu, Riza menyampaikan bahwa itu adalah bekal untuk semangat dan menjadi senjata dalam membangun Payakumbuh ke depan. “Ini adalah amanah yang harus dituntaskan sebaik-baiknya. Banyak harapan yang ditompangkan kepada seorang kepala daerah. Rakyat menunggu apa yang akan dibuat,” sebut Riza. 


Riza mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi agar pesta demokrasi berjalan aman dan lancar.“Terakhir, marilah kita memohon kepada Allah agar senantiasa memberikan kita perlindungan dan semoga kita selalu diberikan keberkahan dalam bekerja,” kata Riza Falepi. 



Sementara itu calon Wakil Walikota Payakumbuh terpilih, Erwin Yunaz ketika dihubungi Rabu pagi (12/04) mengajak semua lapisan masyarakat untuk kembali berbenah dan berkarya setelah tahapan pilkada usai. Ketika ditanya kegiatannya sambil menunggu jadwal pelantikan, Erwin menjawab sedang mempersiapkan kegiatan ekonomi untuk dimplementasikan di daerah. (Bayu)