15 April 2017

sorot sumatera

Diharapkan Calon Jamaah Haji Memeriksa Kesehatannya Secara Rutin Sebelum Diberangkatkan Ke Tanah Suci

Payakumbuh,SS-Menjalankan ibadah haji haruslah berbadan sehat, terhindar dari resiko penyakit yang menghalangi kekhusukan ibadah yang sedang dijalankan, demikian penjelasan Mery Hannies SKM, salah seorang petugas posbindu sambil memeriksa tekanan darah salah seorang jemaah, pada acara gelar Posbindu Calon Jemaah Haji di halaman belakang Kantor Departemen Agama, Sawah Padang, Kamis (13/4).


Posbindu merupakan kegiatan pembinaan terpadu dalam upaya mencegah tingginya resiko penyakit degeneratif, seperti jantung, diabetes melitus, darah tinggi dan rematik. Para jemaah harus mengupayakan menjaga kesehatannya sehingga pada saat beribadah ke tanah suci bisa lebih baik, sebut Mery.


Sementara itu, Hefi Suryani, Kabid Binakesmas dan P3 Dinas Kesehatan mengatakan, lebih dari 200 orang calon jemaah yang memeriksakan dirinya dalam gelar Posbindu kamis siang lalu, pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah untuk deteksi resiko darah tinggi, tinggi badan dan berat badan, periksa kadar gula darah dan kadar kholesterol dalam darah. Kepada mereka yang beresiko tinggi selanjutnya dirujuk ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan jalan sekaligus monitoring kesehatannya secara rutin sebelum diberangkatkan.


Pemeriksaan akhir nantinya akan dilakukan kembali setelah Lebaran Idul Fitri tahun ini, pemeriksaan akhir ini akan melibatkan para dokter spresialis untuk memberikan layanan yang komprehensif pada para jemaah.  Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan anjuran Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, bahwa calon jemaah Haji Payakumbuh yang berangkat ke Tanah Suci diharapkan tetap sehat walafiat dan bisa menjaga kesehatannnya sampai saat kembali lagi ke Payakumbuh, jelas Hefi. (Bayu)

sorot sumatera

About sorot sumatera

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :