BPBD Kota Payakumbuh Kembali Menggelar Aksi Pengurangan Resiko Bencana

Payakumbuh,SS–Sebelumnya BPBD telah melakukan aksi yang sama pada hari Kamis (6/4) lalu di Kelurahan Kota Panjang Padang dan dihari Senin (10/4)lalu di Kelurahan Pakan Sinayan. BPBD Kota Payakumbuh Kembali menggelar Aksi Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di Kelurahan Balai Kandi, Rabu (12/4).


Kepala Pelaksana BPBD Kota Payakumbuh Ir. Yufnani Away, MM, mengatakan, aksi yang digelar merupakan kegiatan dari BPBD berupa aksi pengurangan resiko bencana dalam wujud membantu masyarakat dalam mengurangi resiko dampak bencana yang diakibatkan angin puting beliung atau tumbangnyo pohon dengan sendirinya. Aksi PRB ini melakukan penebangan terhadap pohon-pohon yang dinilai berpotensi menimbulkan dampak bencana angin puting beliung, namun objek atau pohon-pohon yang ditebang tidak asal tebang tapi pohon-pohon tersebut sudah melalui pendataan oleh Tim Survey Objek Potensi Bencana.


Lanjut, berdasarkan hasil pendataan itulah aksi PRB dilaksanakan. Namun tentunya tidak mutlak semua objek harus ditebang. BPBD prinsipnya membantu dan perlu ditekankan BPBD bukanlah instansi tukang tebang pohon, jelas Yufnani Away.Sementara itu, Kasi Pencegahan Ares Aneka Putra, ST, mengatakan, kegiatan kita ini telah melalui pendataan dan telah koordinasi dengan pihak pemko, untuk dilapangan kita dibantu kelurahan dan masyarakat setempat. 


Pada tahun 2017 kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua tahap di 9 (Sembilan) Kelurahan, tahap pertama dilakukan di 5 (lima) kelurahan yakni Kelurahan Koto Panjang Padang, Pakan Sinayan, Bulakan Balai Kandi, Tigo Koto Dibalai, dan Koto Baru Payobasun, sebut Ares. (Bayu)