Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ Wawako Apresiasi Lomba Debat Politik Mahasiswa ~ Sorot Sumatera

Wawako Apresiasi Lomba Debat Politik Mahasiswa

PADANG- Untuk ke IV kalinya pada 2017 ini, kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Andalas (HMJ-IP FISIP UA) mengadakan acara  Pekan Politik yang diadakan pada 27 Februari hingga 3 Maret 2017 bertempat di Kampus Universitas Andalas.


Wendy Romadhona Ketua Hima Ilmu Pol Unand menyampaikan sebelumnya kami sudah melaksanakan serangkaian acara yakni kegiatan acara Lomba Debat Politik Tingkat SMA / Sederajat Se - Sumatera Barat ( Ruang Seminar Gedung F,  pada 28 Februari 2017 dengan tema  "Konsulidasi Keberagaman Dalam Upaya Pendewasaan Demokrasi Indonesia."


Kemudian Olimpiade Politik Kebangsaan Tingkat SMA / Sederajat Se - Sumatera Barat ( Ruang Seminar E Lantai, sengam tema, “Meningkatkan Pemahaman Tentang Kebebasan Sebagai Perwujudan Demokrasi Yang Bermoral”.


Pada 1 Maret 2017 kegiatan Mimbar Bebas lokasi di parkiran E dengan tema“Roadmap Pendewasaan Demokrasi Indonesia” dan pada 2 Maret 2017 kami melaksanakan perlombaan Debat Politik Antar Mahasiswa Nasional, dengan tema “Meningkatkan Kontribusi dan Partisipasi Pelajaran Sebagai Suksesor Pendewasaan Demokrasi”, yang diwakili oleh 14 delegasi dari Universitas se Indonesia. Kemudian Pekan Olahraga 4-5 Maret 2017, di lapangan futsal Unand.

Wendy mengatakan, saat ini kami beserta mahasiswa dari delegasi yang mengikuti perlombaan Debat Politik Mahasiswa Nasional dijamu makan malam oleh Wakil Walikota Padang dirumah dinasnya Jalan A.Yani. Sekaligus akan dilakukan penyampaian pemenang untuk Debat Politik Mahasiswa Nasional ini, "ujarnya, Jum'at (3/3/2017) malam.


Pada perlombaan Debat Politik Mahasiswa Nasional ini di ikuti
antara lain dari Universitas - universitas besar se Indonesia, antaralain, Universitas Airlangga, Universitas Gajah Mada, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, IPB, Universitas Negeri Surabaya, Sriwijaya, Universitas Bali dan lainnya.

"Wakil Walikota Padang Emzalmi  menyampaikan, atas nama Pemko Padang, apresiasi dengan kegiatan secara kontinue terkait Pekan Debat Politik Mahasiswa Nasional ke IV tahun 2017 yang di inisiator oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Andalas (HMJ-IP FISIP UA) ini, " ujar Emzalmi.


Kita cukup bangga dengan kegiatan ini. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Minangkabau piawai dalam berpolitik, agama serta banyak yang menjadi tokoh nasional, seperti Buya Hamka, St Syahrir. Kedepannya kita berharap tumbuh generasi muda pengganti mereka.


"Pemko sangat mendukung kegiatan ini ,berharap tetap berkelanjutan. Ini juga adalah salah satu cara Unand mempromosikan Kota Padang, Sumbar keluar daerah. Dengan delegasi dari 14 perguruan tinggi yang merupakan mahasiswa pilihan pastinya mereka juga mengamati tentang Kota Padang sebagai kota pendidikan, pariwisata dan perdagangan. Kegiatan ini yang perlu kita coba dorong terus, apalagi skala nasional," ujarnya.

Dalam politik sebutnya, diharapkan perlu juga dipakai ilmu raso jo pareso, raso dibaok naik pareso dibaok turun,lamak diawak katuju di urang ( rasa periksa, rasa dibawakan naik, periksa dibawa turun, enak sama kita setuju oleh orang lain, red).Namun biasanya dalam politik bagaimana cara akan dilakukan demi tujuannya tercapai.Kita berharap agar hal demikian bisa berubah.

"Kedepannya kata Wawako, hubungan silahturahmi mahasiswa makin lebih baik lagi dalam rangka membangun bangsa dan negara. Semoga mahasiswa  hadir disini bisa menjadi calon - calon pemimpin yang baik, " ungkapnya.


Sementara Wakil Dekan I Dr. Aidinil Zetra, MA, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas mengatakan, tujuan utama kegiatan ini bagaimana mahasiswa berpikir kritis, mengasah kepekaan mereka terhadap permasalahan - permasalahan sosial dan politik yang dihadapi bangsa dan negara ini.


Kemudian memperkuat pendirian, keberpihakan mereka, sehingga ketika mereka nanti tampil jadi pemimpin, mereka sudah punya kesiapan. Diharapkan ada jaringan mahasiswa yang kuat, sehingga mereka bisa mengontrol kehidupan sosial politik di negeri ini, "pungkasnya.


Dalam acara silahturahmi, jemu makan malam di kediaman Wawako tersebut , langsung diumumkan pemenang debat politik mahasiswa. Pada debat politik IV ini Juara III diraih oleh Tim Kontra Universitas Andalas A. Juara II diraih oleh Tim Pro Universitas Airlangga dan untuk Juara I diraih oleh  Tim Kontra dari Universitas Gajah Mada. Sementara sebagai pemenang Best Speaker ( pembicara terbaik,red) oleh Riko Pahlawan dari Universitas Airlangga. (*)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.