23 March 2017

sorot sumatera

Pemko Payakumbuh Dialog Tata Kelola Masyarakat Dan Pemerintahan Yang Bersih

PAYAKUMBUH,SS-Payokumbuah makin semarak, ikannyo jinak aianyo janiah, payokumbuah dan muspidanyo kompak,Ndak ado karuah nan ndak ka janiah.

Itulah sepenggal pantun yang menggambarkan tata kelola pemerintahan di Kota Payakumbuh. Pantun tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Ir. Benni Warlis, SE, MM, dalam acara Dialog Interaktif “Kurenah Kito” Pro 1 RRI Bukittinggi, Rabu (22/3) siang, bertempat di halaman Balai Kota Payakumbuh.

Acara dialog dengan tema “Tata Kelola Masyarakat dan Pemerintahan yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya” tersebut dipandu penyiar senior Mak Lembang, menghadirkan narasumber, Sekdako Payakumbuh Ir. Benni Warlis, SE, MM, Kapolresta Payakumbuh diwakili Kasubag Hukum AKP Julianson, Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh diwakili Kasi Pidsus Andhika Prima Sandi, SH, Inspektur Kota Payakumbuh Drs. Syahrial, Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh Elvi Jaya, ST dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Jhon Kenedi, S.Sos.

Dialog interaktif tersebut juga dihadiri oleh Kepala Pro 1 RRI Bukittinggi Samirwan, segenap Kru Kurenah Kito dan pegawai di lingkungan pemerintah Kota Payakumbuh.

Dalam acara yang berlangsung selama satu jam tersebut, Sekda Benni Warlis menyampaikan bahwa pemerintah Kota Payakumbuh memulai menata masyarakat  dengan membangun karakter jajaran pemerintah terlebih dahulu. Pembangunan karakter tersebut meliputi intelektual, emosional dan spiritual, menuju pribadi yang berbuat berdasarkan Adat Bersandi Syarak, Syarak Bersandi Kitabullah (ABS SBK).

“Penyelenggara pemerintah yang memiliki karakter ABS SBK, yang mendekatkan diri kepada Allah SWT, akan mampu mengendalikan diri dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, juga perbuatan yang merugikan Negara”, ungkap Sekda Benni.

Bahwa dalam menata pemerintahan yang bersih dan terpercaya, pemerintah Kota Payakumbuh merangkul Kejaksaan Negeri Kota Payakumbuh dan Polresta Kota Payakumbuh dalam bentuk kerjasama dan koordinasi, sebut Benni.

Hal tersebut dibenarkan Kejaksaan Negeri Kota Payakumbuh. Melalui Kasi Pidsus Andika Prima Sandi, SH, dalam dialog yang berlangsung penuh keakraban tersebut, mengatakan,  Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kejasaan Negeri Payakumbuh telah menjalin MOu di bidang pendampingan dan pendapat hukum, yang dikukuhkan dengan telah ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua instansi beberapa waktu yang lalu.

“Kejaksaan bukan hanya bertindak sebagai pengacara negara, tetapi kejaksaan juga memiliki kewenangan di bidang pidana, ketertiban umum, perdata dan tata usaha negara. Dengan begitu kejaksaan juga bisa berperan sebagai pendamping hukum bagi siapapun yang memerlukan pendampingan hukum”, pungkas Kasi Pidsus Andika.

Sementara itu, Inspektur Kota Payakumbuh Syahrial, sebagai salah satu narasumber menyampaikan bahwa Inspektorat berfungsi sebagai pengawas internal terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

“Dalam pengawasan ini kami bekerjasama dan saling berkoordinasi dengan pihak kejaksaan dan kepolisian” sebut Inspektur.

Acara yang diselingi lantunan merdu duet Kasubag Hukum Poresta Payakumbuh dengan Kepala Dinas Kominfo Payakumbuh tersebut diakhiri dengan kesimpulan “adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antar seluruh jajaran penyelenggara negara, disertai pengawasan oleh instansi terkait dan masyarakat serta mewujudkan masyarakat dan pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya, ” sebut Syahrial. (Bayu Denura)

sorot sumatera

About sorot sumatera

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :