05 March 2017

sorot sumatera

Gubenur Sumbar Serahkan Bantuan Diterima Bupati Irfendi Arbi

LIMAPULUH KOTA,SS- Setelah acara dengan Dirjen Peternakan Kesehatan dan Hewan di
Silaping Pasaman Barat, Gubenur Sumbar Irwan Prayitno langsung meluncur ke Payakumbuh untuk meninjau lokasi bencana dan menyalurkan bantuan. Tiba di posko BPBD Kabupaten 50 Kota Sabtu sore (04/03), Irwan menyerahkan bantuan untuk korban banjir kepada Bupati 50 Kota Irfendi Arbi senilai 750 juta. Bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar 100 juta, rendang 200 kg, dan mie instan. Bantuan berasal dari lembaga-lembaga sosial dan donatur yang mengirimkan bantuan secara mandiri terkoordinasi dengan BPPD Sumbar.



Melihat situasi tersebut Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno langsung bertindak cepat. Irwan bersama tim BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sumbar langsung bekerja full team dengan tambahan tenaga bantuan dari stakeholder mitigasi dan evakuasi bencana lainnya.


Usai menyerahkan bantuan di posko yang berlokasi di eks kantor Bupati 50 Kota, Iwan Prayitno langsung bertolak ke lokasi bencana di Pangkalan. Untuk meninjau lokasi longsor.Jika disinyalir ada penambangan liar yang mengakibatkan tanah perbukitan mudah longsor, maka ia meminta aparat yang berwenang untuk menindak hal tersebut. Selanjutnya Irwan melanjutkan perjalanan sampai ke Masjid Raya Pangkalan. Ditemani Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro, Irwan berdiskusi dengan warga korban banjir.


Sebelumnya, Jumat siang (03/03) pintu bendungan dibuka secara perlahan sehingga banjir surut dan luas area bencana tidak melebar. Pemulihan jalan longsor langsung diupayakan sehingga Sabtu (04/03) jalan Payakumbuh-Pangkalan sudah bisa kembali diakses.


Kapolda Sumbar yang turut hadir di posko BPBD Kab 50 Kota, Brigjen Pol Drs. Fakhrizal, M. Hum menyampaikan ada 64 titik longsor di sepanjang jalan Sumbar-Riau. Dimana di salah satu titik sudah menelan korban jiwa sebanyak 5 orang tewas dan 2 orang luka berat. Kapolda menghimbau agar masyarakat agar tidak melewati jalur ini dulu karena masih banyak tebing yang rawan dan masih ada tanah yang amblas di KM 139. (Bayu Denura)


sorot sumatera

About sorot sumatera

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :