Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ Pemkab Dharmasraya Gelar Rapat Koordinasi Pembangunan Nagari ~ Sorot Sumatera

Pemkab Dharmasraya Gelar Rapat Koordinasi Pembangunan Nagari

Dharmasraya---Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, menggelar rapat koordinasi pembangunan nagari Kabupaten Dharmasraya.

Dimana rakor pembangunan nagari ini, diikuti oleh camat dan Wali Nagari se Kabupaten Dharmasraya.

Hadir dalam rakor tersebut, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Asisten Pemerintahan, staf ahli, kepala inspektorat, kepala DPKD dan Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutannya mengatakan dimana rapat koordinasi pembangunan nagari bergunan untuk memperkuat koordinasi dan mensinergikan pelaksanaan kegiatan tahun 2017 yang akan ditempatkan dalam anggaran pendapatan belanja nagari.

"Penyelenggaraan pemerintahan nagari berdasarkan undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dan semya kita harus mempedomaninya terutama dalam penyelenggaraan pemerintah nagari,"jelasnya.

Kata Bupati, Wali Nagari diminta untuk menyusun anggaran pendapatan belanja nagari diharapkan lebih terbuka kepada masyarakat atau wakil masyarakat yang dalam hal ini Bamus nagari.

"Anggaran nagari harus dilaksanakan dengan tertib sesuai dengan peraturan menetri dalam negeri nomor 113 tahun 2015 tentang pengelolaan keuangan desa,"tegasnya.

Untuk memudahkan wali nagari dalam mengelola keuangan, kata Bupati, pemerintah Kabupaten Dharmasraya tahun ini telah memulai akan memfasilitasi adanya aplikasi sistim keuangan desa (SISKEUDES) yang merupakan kerjasama dengan BPKP.

"Langkah ini kita lakukan agar wali nagari lebih gampang dalam mempertanggungjawabkan keuangan nagari, kita akan menggunakan aplikasi ini untuk membantu nagari dalam mempertanggungjawabkan dana nagari,"tegasnya.

Bupati juga mengatakan, untuk mendukung sistim tersebut, pemerintah juga akan berupaya data nagari yang ada valid dan berbasis internet.

"Pemerintah tahun ini akan mendukung program data nagari berbasis internet, kita akan menyediakan operator server pada setiap nagari dan mempersiapkan aparatur nagari yang berkualitas,"tegasnya.

Disamping itu, Bupati juga meminta kepada wali nagari untuk membudayakan kembali gotong royong bersama masyarakat sehingga masyarakat timbul kepedulian terhadap nagari serta lingkungan.

"Alhamdulilah saya sering memantau kegiatan camat dan nagari, beberapa camat dan nagari sudah memulai budaya goro. Saya minta yang belum juga segera melakukan, mari kita galakkan goro ditengah tengah masyarakat,"tandasnya. (hms)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.