• Warag Surau Pasia berharap Pemkab Bangun Kembali Baronjong

    PESSEL,TEROBOS-Warga Kampung Surau Pasia Lubuk Nyiur, Nagari IV Koto Mudiek, Kecamatan Batang Kapas berharap pada Pemkab Pessel kembali membangun baronjong pengaman tebing yang jebol diterjang banjir beberapa hari lalu.

    "Kini, nagari tersebut terancam terpotong oleh arus sungai, dimana sungai akan mengalir ke lokasi lama," ungkap Walinagari IV Koto Mudiek, Syafran Tamsa kemarin.

    Dikatakan, bencana banjir menyisakan duka bagi warga. Selain merendam rumah, ruas jalan, bencana ini juga merusak pondasi jembatan dan baronjong sepanjang 50 meter.

    Akibat banjir, ribuan jiwa terisolasi selama satu hari. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Menurutnya, beberapa lokasi di nagarinya menjadi langganan banjir, namun kali ini yang terbesar sejak 6 tahun terakhir.

    Pemerintah daerah diharapkan segera melakukan penanganan pasca banjir. Antara lain, memperbaiki pondasi jembatan yang terban, membangun baronjong sepanjang 50 meter dan meninggikan sejumlah titik ruas jalan yang kerap terendam banjir.

    "Kami telah melaporkan berbagai kerusakan infrastruktur akibat banjir kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait. Diharapkan, dinas terkait segera turun ke lapangan untuk melakukan upaya penanganan, karena kerusakan infrastruktur itu menyangkut kepentingan masyarakat luas," jelasnya. (03)