BPKD Sosialisasikan Pembayaran Pajak 10 %

PADANG PANJANG, SS – Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Padang Panjang yang dulu bernama DP2KAD terus menggenjot pendapatan daerah melalui sektor pajak lewat rumah makan, restoran, hotel dan tempat hiburan.

Rabu (12/1), BPKD Kota Padang Panjang melalui Bidang Pendapatan  yang Dikepalai oleh Faisal  mendatangi sejumlah rumah makan, restoran, hoteldi kota tersebut untuk memberikan sosialisasi terkait pajak 10% . Mereka sekaligus melakukan pemasangan banner ke 24 Rumah Makan/ Restoran serta 16 Hotel yang ada di Padang Panjang. Sosialisasi ke  lapangan tersebut dipimpin oleh Kasi Penetapan dan Pembukuan pada Bidang Pendapatan BPKD Edi Hatni bersama sejumlah staf dan Satpol PP.

Menurut Kepala Bidang Pendapatan BPKD Kota Padang Panjang  Faisal, pemasangan Banner  ke setiap rumah makan/ restorandan tempat hiburan tersebut merupakan tahapan sosialisasi yang dilakukan secara persuasif agar pengusaha tersebut dapat membayarkan pajaknya sesuai dengan perda yaitu 10 % dari tamu atau pengunjung yang datang.

“Lewat arahan walikota , kita terus mengintensifkan pemungutan pajak daerah terutama rumah makan hotel restoran dan tempat hiburan, melalui pemasangan banner tersebut kita berharap akan memberikan dampak positif,”ungkapnya. 

Dikatakan Faisal, Pemungutan Pajak ini berdasarkan UU No. 28  tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah yang telah ditindak lanjuti dengan Perda No.1 Tahun 2011.  Pemasangan Banner ke Rumah Makan/ Restoran, Hotel dan tempat hiburan ditanggapi positif oleh sejumlah pemilik usaha tersebut. Pemilik Rumah Makan Pak Datuk menyambut baik dan  mendukung  yang dilakukan oleh pemerintah. “ kami sangat mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah”, ungkapnya.

Rumah Makan Pak Datuk  termasuk salah satu rumah makan yang taat pajak, dengan menetapkan pembayaran menggunakan Bill.( Pulkani / Gito- R )