Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 12/16/16 ~ Sorot Sumatera

Forum Wartawan Parlemen Laksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat SMA/ SMK Se Kota Padang.

PADANG,SS - Forum Wartawan Parlemen (FWP) DPRD Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan Pekan Kreatifitas yang diberi tema "Menulis Selancar Berbicara", kegiatan tersebut digelar berupa Pelatihan Jurnalistik untuk para pelajar yang ada di Kota Padang pada 21 - 22 Desember 2016 di d D'have Hotel, Siteba, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat.


FWP adalah sebuah wadah organiasi wartawan tergabung dari Media cetak harian,TV, Media Online, media Mingguan,  yang sehari - hari stanbay di Gedung DPRD Kota Padang meliput berita-berita politik yang ada di DPRD Kota Padang. Kegiatan pekan kreatifitas Pelatihan Jurnalistik 2016 ini, diketuai oleh Debi Virnando Jurnalis dari Harian Padang  Ekspres, sementara Ketua Forum Wartawan Parlemen (FWP)DPRD Padang diketuai oleh Dasrul dari PadangTV.

Ketua Pekan Kreatifitas DeBi Virnando mengatakan kegiatan pekan Kreatifitas FWP ini bertujuan untuk menumbuhkan cikal bakal Jurnalistik dari kalangan siswa/pelajar yang nantinya akan dibekali dengan berbagai pelatihan dalam kegiatan tersebut," ujarnya, Jum'at(16/12) dari pressroom di DPRD Padang.

Pada kegiatan ini peserta terdiri dari 35 orang, 30 diantara pelajar dan lima lagi dari Aspem Sumbar, mereka nanti akan dibuatkan media pembelajaran dan media pembelajaran tersebut akan di Backup oleh Persma tersebut.

Para siswa yang mengikuti pelatihan jurnalistik tersebut rata-rata nantinya adalah untuk pengguna Media Sosial (Medsos). Mereka harus diberi bekal atau suatu pelatihan ilmu kejurnalisan. Bekal ini nantinya bagaimana mereka bisa mengenal media yang banyak muncul di Media Sosial (Medsos) akhir-akhir ini, selain itu mereka juga harus cerdas dalam menggunakan media Sosial tersebut, "jelasnya.

Lebihlanjut katanya, saat ini kita sangat perihatin dengan kecendrungan generasi muda dalam menggunakan kecanggihan teknologi yang tidak bisa dibendung saat ini. Apalagi mereka yang dalam kesibukannya  dalam menggunakan aplikasi aplikasi yang meracuni otak dan bisa mempengaruhi pikiran mereka pada hal-hal negatif yang akan masuk nantinya, baik dari Media Sosial ataupun game Online yang mereka gunakan di era teknologi canggih saat ini.

Debi berpendapat, sebagai seorang Jurnalis, selain bertugas memberitakan, kita juga harus bisa merangkul genarasi muda ini kearah yang lebih baik, dengan cara menyalurkan kegemaran mereka dengan menggunakan teknologi ini ke ranah yang lebih baik dan positif," katanya.

Melalui pekan kreatifitas ini kita harapkan para siswa / pelajar ini nantinya, akan ditargetkan menjadi seorang Jurnalis Warga yang akan bisa menyalurkan informasi di Media Sosial sesuai dengan kaidah Jurnalistik, dilandaskan dengan Undang -Undang no 40 tentang Pers, serta tidak melabrak Undang-Undang ITE.

Juga dijelaskan, tema yang kita pilih untuk pekan kreatifitas kali ini yakni "Menulis Selancar Berbicara", yang artinya, kita menginginkan nantinya para peserta pelatihan ini bisa menceritakan tentang pengamatannya terhadap lingkungan lewat tulisan, selancar mereka menceritakannya lewat lisan.

Terakhir disampaikan, "dalam pelatihan nanti, disamping ada penyampaian materi kejurnalisan dan diskusi, peserta juga akan kita bawa untuk praktek lapangan. Saat praktek lapangan mereka itu nanti akan disuguhkan game-game ringan agar nantinya para peserta tidak bosan dalam mengikuti kegiatan ini, serta para peserta pelatihan akan kita bekali sertifikat pelatihan jurnalis di akhir pelatihan pekan kreatifitas jurnalis ini, " ungkap Debi Virnando  jurnalis Harian Padang Ekspres tersebut.(***)
Share:

Wabup Buka Gebyar SMKN I Painan.

PESSEL- SMKN I Painan mengadakan Gebyar SMK dengan berbagai jenis perlombaan yang dilakukan, kegiatan tersebut dilakukan dari tanggal 15-17 Desember 2016 di SMKN I Painan.

Jefri anes ketua pelaksana Gebyar SMK 1 Painan, kegiatan ini dilaksanakan kamis- sabtu 2016, dengan tema melalui gebyar kita wujudkan siswa berkarakter, inovatif dan kreatif.

Adapun Jenis lomba, Solo Song tingkat SMA/sederajat Se-Pessel, Solo Song tingkat SMP Se- Pessel, Tari minang tingkat SMA/sederajat, Fashion Show baju kurung basiba tingkat SMA/sederajat, Vokal group tingkat SMA/sederajat, Musabaqah syahrir Quran (MSQ), Tata upacara SMK, Volly ball dan
Bazar

Sementara Dra, Evi Fitriana Kepala SMK I Painan, ucapkan terimakasih atas semua dukungan dari semua pihak, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kreatifitas siswa.

Wabup Rusma Yul Anwar, apresiasi pada SMK I Painan, hendaknya kegiatan ini bermanfaat bagi SMK sebagai sekolah kejuruan, ini sebagai ajang karakter dan inovasi bagi murid.

Kepada pihak Dinas Pariwisata ini dapat kita kemas anak SMK ini untuk menciptakan  souvenir bagi pertumbuhan pariwisata pessel kedepan, berikan ruang untuk mereka berkreasi.

Wabup ingin SMK dijadikan sekolah adiwiyata, masa depan mereka adalah harapan kita, selanjutnya silakan menambah jurusan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pesisir selatan, kepada majelis guru terus bersinergi dengan murid dengan baik karena mereka adalah harapan kita dimasa akan datang, ujarnya.

Pada acara pembukaan gebyar SMKN I Painan hadir forkopimda, Kepala SKPD,
Pimpinan perbankan dan Kepala SMA/sederajat Se- Kabupaten Pesisir Selatan. (01)
Share:

Kebun Binatang Bukittinggi kerjasama dengan Jawa Timur Park

BUKITTINGGI-Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMS BK) Kota Bukitinggi kembali melakukan kerjasama dengan Lembaga Konservasi Satwa, kali ini adalah dengan Lembaga Konservasi Jawa Timur Park (PT.Bunga Wangsa Sedjati) yang sebelumnya pada bulan Oktober yang lalu adalah dengan Bali Zoo berupa tukar menukar satwa yang merupakan salah satu bentuk upaya pengembangan fungsi dan menambah daya tarik TMS BK.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Walikota Bukittinggi M.Ramlan Nurmatias,SH dengan Direktur Lembaga Konservasi Jawa Timur Park (PT.Bunga Wangsa Sedjati) Rio Imam Sendjojo,B.Com. dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan sumber daya yang ada pada kedua lembaga konservasi. Kerjasama yang dilakukan ini meliputi Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manuisa, Aktualisasi  Sumber Daya Manusia perawat Satwa, Pertukaran Satwa serta bidag – bidang lain yang dianggap perlu. Bertempat di Jatim Park, Kota Wisata Batu Jawa Timur.


Kota Bukittinggi mempunyai banyak kesamaan dengan Kota Batu, dimana terletak di daerah ketinggian yang berhawa sejuk, diharapkan satwa yang nantinya akan dilakukan pertukaran tidak akan mengalami banyak kendala dalam penyesuaian cuacanya, ujar Ramlan. Kebun Binatang Bukittinggi merupakan yang tertua di Indonesia dan unik karena berada dipusat kota. Kota Batu terletak di kawasan ketinggian sekitar 700 hingga i.700 meter dari permukaan laut. Luasnya 202 kilometer, sekitar delapan kali lebih besar dibanding Bukittinggi dengan jarak 20 kilometer dari Kota Malang.

Selanjutnya Ramlan mengakui bahwa tertarik untuk melakukan kerjasama ini dengan melihat profesioalnya manajemen penngelolaan, lingkungan dan kandang – kandang yang bersih akan membuat binatang menjadi sehat, hal ini terlihat dari bulu – bulu binatang nya yang berkilat, tambah Ramlan.

Sementara itu General Manajer Lembaga Konservasi Jawa Timur Park Drs.Agus Mulyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi atas kedatangan Walikota beserta rombongan karena diharapkan dengan saling mengenal akan berlanjut kerjasama berikutnya dalam pengembangan satwa. Sebagaimana sebelumnya telah pernah dilakukan pertukaran satwa seperti Pertukran Zebra dan Burung Kaswari dengan Tapir yang berasal dari TMS BK.

Hadir pada penandatanganan kerjasama tersebut, Wakil Walikota, Forkomimda Kota Bukittinggi, Sekda, serta SKPD terkait. Sedangkan dari Batu terlihat hadir Kepla Balai Besar KSDA Jawa Timur. (Yulman/wnd/kominfo)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.