Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 12/14/16 ~ Sorot Sumatera

Priadi Syukur, Mustahil Tiga Bulan PLT Walikota Berprestasi

PAYAKUMBUH-Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur, tegas mengatakan, sukses yang direbut Payakumbuh sepanjang triwulan IV 2016, bukanlah prestasi pelaksana tugas kepala daerah. Tapi, merupakan prestasi seluruh SKPD di bawah pimpinan Walikota Riza Falepi sebelumnya. ?Mustahil, dalam rentang waktu tiga bulan, pelaksana tugas walikota akan mampu memperoleh berbagai penghargaan di tingkat nasional dan provinsi,?.
Penegasan tersebut disampaikan Plt. Walikota Payakumbuh Priadi Syukur, dalam rapat koordinasi pemko, di aula balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (13/12). Sebelumnya, di halaman balaikota, walikota memimpin apel gabungan seluruh SKPD, yang diikuti Sekdako H. Benni Warlis, bersama seluruh asisten setdako.
Menurut walikota, sepanjang Oktober hingga Desember ini, Payakumbuh mencatat sejumlah prestasi prestisius di tingkat nasional. Seperti Anugerah Dana Rakca 2016, Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dan Prakarti Madya II sebagai pelaksana terbaik dalam bidang   Tertib Administrasi PKK Tingkat Nasional. Selain itu, juga meraih gelar pembina  UMKM terbaik  dengan penghargaan Shiddhakarya tingkat provinsi serta mewujudkan target Payakumbuh pada posisi 10 besar dalam perolehan medali Porprov Sumbar XIV/2016 di Padang.
Dikatakan, prestasi yang diukir itu, bukanlah kakok tangan Plt. Walikota Payakumbuh. Melainkan, hasil kinerja seluruh SKPD di jajaran pemko, di bawah kepemimpinan Walikota Riza Falepi yang saat ini tengah menjalani cuti kampanye.
Karena itu, hingga berakirnya tahun anggaran 2016 ini, Priadi Syukur mengajak seluruh pimpinan SKPD untuk dapat memacu kegiatan yang sudah direncanakan. Serapan dana setiap SKPD harus digenjot dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai aturan yang berlaku.
?Saya tak ingin, ada SKPD yang tak mampu menyelesaikan kegiatan yang sudah diprogramkan, sehingga nantinya akan berpengaruh kepada serapan dana dan pencapaian program. Karena akan menjadi preseden buruk terhadap kinerja Pemko Payakumbuh,? ingat Priadi.
Menyangkut Anugerah Dana Rakca 2016 yang diperoleh Payakumbuh, atas kinerja pemko yang dinilai terbaik di Indonesia, bersama 30 kota dan kabupaten lainnya di Indonesia, prestasi yang pantas dibanggakan. Namun, harus disyukuri dengan peningkatan kinerja ke depan, yaitu tepat waktu dalam pengesahan APBD, opini BPK dengan WTP, pelayanan publik yang baik serta peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, sebut Priadi.(Web)
Share:

BNPB Kucurkan Bantuan Dua Unit Sepeda Motor

 PULAU PUNJANG- Badan Nasional Penanggulangan Bencana memberikan bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, berupa dua unit sepeda motor guna memaksimalkan penanganan bencana.

"Saya berharap dengan bantuan ini semakin mempercepat penanganan saat terjadi bencana, khususnya di wilayah pinggiran yang sulit dijangkau menggunakan kendaraan roda empat," kata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska di Pulau Punjung, Selasa.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan lansung Bupati Sutan Riska kepada Kepala BPBD Suwandi. Turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal, Plt Sekretaris Daerah Leli Arni, dan para staf ahli bupati.

Ia berpesan, BPBD sekiranya dapat memanfaatkan dan memelihara bantuan ini dengan baik sehingga tujuan bantuan ini sesuai harapan dan tepat guna.

Ia mengimbau, seluruh masyarakat agar tetap waspada dengan segala kemungkinan bencana yang terjadi di wilayahnya masing-masing, mengingat belakangan kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi.

"Misalnya, saat terjadi angin kencang yang menghancurkan rumah warga berapa waktu lalu, itu tidak dapat kita prediksi, begitu juga dengan bencana lainnya, seperti banjir, longsor, dan kebakaran," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Dharmasraya, Suwandi mengatakan dengan tambahan dua unit motor maka total bantuan yang diterima BPBD hingga saat ini sebanyak empat unit.

"Dua ini motor ini akan kita tempatkan di pos SAR pelayangan, Sungai Batanghari," ujarnya.

Ia merinci, Kabupaten Dharmasraya telah banyak menerima bantuan dari BNPB Pusat sampai saat ini, diantaranya empat unit sepeda motor jenis trail, satu unit tenda pengungsian, "water treatment portable" atau alat penjernihan air , satu unit tangki air, dan satu unit mobil operasional "Resque".

Menurutnya, BPBD Dharmasraya sangat mengapresiasi perhatian pemerintah pusat melalui BNPB dengan banyaknya bantuan alat operasional dan logistik yang diberikan ke daerah itu hingga saat ini.

Ia menambahkan, bersama dengan Dharmasraya empat kabupaten/kota lain juga menerima bantuan yang sama dari BNPB, yakni Kabupaten Sijunjung, kota Sawahlunto, kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Payakumbuh.

"Masing-masing kabupaten/kota juga menerima dua unit sepeda motor," ujarnya. Diberitakan Antara. (*)

Share:

Tradisi Warga Solsel Peringati Maulid Nabi Muhammad Maarak Bungo Lamang Keliling Nagari

SOLOK SELATAN-Keragaman budaya di Indonesia, turut mewarnai bentuk peringatan hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Di Solok Selatan misalnya, dikenal dengan sebutan hari rayo Maulud Nabi dan diperingati dengan cara “maarak bungo lamang” sekaligus tablig akbar dan makan bajamba.

Lenggak-lenggok anak-anak mengikuti pawai, sambil mengangkat lemang dihiasi bunga, terlihat semarak diiringi musik rebana di Jalan Lintas Padangaro, kemarin. Tradisi itu menjadi tontonan warga setempat.

“Ini tradisi kami merayakan Maulid Nabi, biasa disebut hari rayo Maulud. Masyarakat biasanya menyelenggarakan kegiatan maarak bungo lamang,” ucap Soni, 45, warga Padangaro, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Maarak bungo lamang berupa arak-arakkan lemang yang dihiasi bunga. Biasanya, masyarakat menyelipkan uang dita­bung bambu yang berisi lemang.

Kemudian diarak anak-anak mengaji sepanjang kampong dan diiringi musik tradisional. Uang tersebut dikumpulkan di masjid dan lemangnya disajikan kepada masyarakat.

"Uang itu untuk pem­bangunan masjid, anak yatim,” tambah Neldi, warga lainnya. Ketua Pelaksana, Fernando Ardiansyaf mengatakan, arak-arakkan bunga lemang rutin digelar setiap Maulid Nabi di Solsel.

Peringatan kali ini dilakukan masyarakat Jorong Duriantarung, Nagari Lubukgadang, Kecamatan Sangir. Melibatkan pelajar murid MTsN Lubukgadang dan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Masjid Raya Baitul Hikmah.

Arakan bunga lemang merupakan tradisi nenek moyang Solsel. Dimaknai membawa pesan kecintaan terhadap Rasulullah. “Intinya adalah syiar, tanpa melupakan tradisi. Mengajak masyarakat kembali berpedoman kepada Al Quran dan Hadis. Kalau tidak, celakalah hidup di dunia dan akhirat,” ujarnya.

Setelah arak-arakan dilanjutkan tablig akbar oleh ustadz Zul Aspi Lubis dari Padang. Kemudian diakhiri dengan makan bajambah yang dibawa ibu-ibu Duriantarung.

Dalam siraman rohani, ustad Zul Aspi Lubis menekankan agar menjalani hidup tetap mencontoh akhlak Rasulullah SAW. Katanya, apa pun yang ditemui dalam hidup tetaplah hanya Allah tempat mengadu dan kembali.(*)
Share:

Wakil Bupati Himbau Waspada ajaran sesat, Narkoba dan Seksual

PARITMALINTANG-Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengucapkan terima kasih kepada ASN padang pariaman yang melakukan wirid setiap minggu, "setiap pagi kita melaksanana Apel Pagi dan setiap Jumat kita lakukan Wirid bersama, saya ucapkan terima kasih atas pelaksanan wirid hari ini, saya berharap pelaksanaan wirid tidak melebihi dari jam 09.00 karena akan menggangu aktifitas kita sebagai ASN dalam memberikan pelayanan" ungkap wakil Bupati saat mengikuti wirid mingguan di Hall IKK (09/12)
Suhatribur menambahkan bahwa hasil pelaksanaan wirid ini dari kita untuk kita, berharap seluruh ASN untuk selalu mengikutinya.

"wirid yang kita laksanakan manfaatnya untuk kita , mari kita mengikutinya dengan sungguh-sunggu dan iklas karena disini kita memperoleh ilmu agama dari para ulama yang kita undang" 
"berhubung bupati Ali Mukhni kemaren berangkat melaksanakan ibadah umrah, pada waktu saya mengantarkan, beliau menyampaikan akan selalu mendoakan semua ASN agar diberikan kekuatan dan kesehatan, kemudian beliau juga mohon maaf dan mohon doa restu dari kita" tambah wakil bupati.

selanjutnya Wakil Bupati menambahkan bahwa baru-baru ini Padang Pariaman mendapatkan penghargaan dalam pengelolaan keuangan ditingkat nasional, itu merupakan berkat kerja keras semua.

"penghargaan ini adalah kerja keras kita semua, Terima kasih pada seluruh SKPD/OPD yg telah melaksanakan program dan pelaporan keuangan / LKPD dg baik dan sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku, terima kasih pada seluruh bapak ibu pimpinan dan anggota DPRD yang tidak kenal waktu dalam pengawasan pelaksanaan program, dan terima kasih kasih pada semua unsur Tokoh Masyarakat, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo kanduang , Penuda, LSM, Ormas, teristimewa rekan rekan media serta semuanya yang tdk dapat disebutkan satu persatu, 

Penghargaan "Anugerah Rakca" adalah Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik tingkat Nasional yang langsung diserahkan oleh Bapak. Darmin Nasution, atas nama presiden RI, "
"ASN mempunyai tugas dan tanggung jawab, hari ini saya sampaikan bahwa tahun 2016 akan berakhir diharapkan seluruh kita melaksanan kewajiban kita sebagai ASN, siapkanlah laporan keuangan selaku pengunaan anggaran tentu ini tanggung jawab kita sebagai pengguna uang negara, hendaknya minggu ke II tanggal 15 ini telah selesai, karena semua untuk disampaikan tepat waktu pada tingkat selanjutnya" tambahnya lagi.

kemudian Suhatri Bur juga menghimbau bahwa waspada ajaran sesat dilingkungan kita, waspada keamananan, bahkan kapolda sumbar pernah mengungkakan bahwa narkoba dan kasus seksual di padang pariaman termasuk paling tinggi disumbar untuk itu mari sama-sama kita perhatikan dan memberantas.

"kemaren kapolda sumbar menyampaikan bahwa padang pariaman termasuk rawan terhadap narkoba dan kasus seksual, kami himbau untuk waspada terhadap lingkungan, keluarga  kita, terakhir saya ingatkan kepada ASN bahwa segala kegiatan akan diawasi oleh saber pungli walaupun hanya menerima 10 ribu jika tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan akan ada resikonya, sekarang ini dipadang pariaman telah terbentuk saber pungli yang diketua oleh wakapolres tapi belum kita lantik"ungkap mantan ketua Basnas itu. (tim) 
Share:

Dewan Pengawas PDAM Tingkatkan Fungsi Dan Peran

PESSEL - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni ingatkan Dewan Pengawas PDAM Tirta Langkisau Kabupaten Pesisir Selatan untuk ikut membesarkan PDAM Pesisir Selatan.

Dewan Pengawas PDAM yang dilantik periode 2016-2019 tersebut, masing-masing Mardison Basir, Ir.Rosdi dan Buslim Sabir,BA, Selasa (13/12) di Gedung PDAM.

Menurut Bupati, Dewan Pengawas dapat mendorong kinerja karyawan kearah yang lebih baik dengan secara bersama memperbaiki kinerja dan meningkatkan pelayanan.

Yang perlu diingat, kata Bupati PDAM adalah perusahaan daerah yang harus berorientasi pada pelayanan masyarakat. Bila layanan baik maka masyarakat puas dan otomatis pendapatan daerah akan meningkat.

"Tak ada yang tak mungkin dilakukan bila niat kita baik untuk membangun negeri ini. Kebersamaan adalah kunci untuk meraih keberhasilan", tutur Bupati Hendrajoni.

Bupati juga mengkritik Kantor PDAM Pesisir Selatan yang cukup bagus namun halamannya tidak tertata dengan baik.

"Ini kan kantor pelayanan yang cukup sering dikunjungi masyarakat. Cobalah tata halamannya secantik mungkin sehingga masyarakat senang dan nyaman berurusan ke kantor ini", ingat Bupati. (01)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.