Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 12/12/16 ~ Sorot Sumatera

Anugerah Peduli Wisata, Bukittinggi Raih The Best Performance

Kota Bukittinggi meraih peringkat pertama pada penilaian Anugerah Peduli Pariwisata 2016 yang digelar dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DIsparekraf) Provinsi Sumatera Barat. Bukittinggi menempati renking pertama The Best Performance kategori Kaswasan Pariwisata Utama Sumbar, disusul Kota Padang sebagai peringkat kedua dan Sawahlunto posisi ketiga.

Penghargaan tersebut telah diserahkan oleh Wagub Nasrul Abit pada malam penganugerahan Peduli Wisata Award 2016 di UPI Convention Center, Padang dan diterima Wakil Walikota H. Irwandi, S.H. Pada kesempatan itu, Irwandi didampingi Kadisbudpar Drs. Melfi Abra, M.Si, Kabid Kepariwisataan Suziyanti, Kabid Kebudayaan Almisri, kabag humas Yulman, SIP, M.M. dan Kasubag Media dan  Dokumentasi Bagian humas, Joharnis, S.E.

Peduli Wisata Award merupakan ajang penilaian yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumbar terhadap pembangunan kepariwisataan yang dilakukan seluruh kabupaten dan kota sejak 2013 hingga 2016. Ada tiga kriteria dalam penilaian, masing-masing the Best Performance yang diperoleh Bukittinggi, The Best Achievemen dan the Most Improved. Melfi Abra yang didampingi Kasi Promosi Aprilia Astuti menyebutkan, untuk The Best Performance, aspek penilaiannya meliputi tata pamong, lingkungan pariwisata, ekonomi kreatif, pemasaran pariwisata, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif. Selain itu, indikator penilaian juga meliuti jumlah kunjungan yang ditandai dengan grafik naik, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara, pengembangan infrastruktur serta multiflier effect terhadap perekonomian masyarakat.


“Alhamdulillah, kita meraih terbaik pada pemberian penghargaan peduli pariwisata tahun ini,” kata Wakil Walikota H. Irwandi di sela-sela penyerahan piala dan plakat di UPI Convention Centre, Padang. Keberhasilan itu, menurutnya, bukanlah sesuatu yang instan, atau bisa diperoleh serta-merta saja, melainkan melalui kerja keras dan menuntut kepedulian dari Pemerintah Kota sendiri. Artinya, Pemko selama ini telah memberikan perhatian dan kesungguhan dalam pengembangan pariwisata sebagai sektor andalan dalam ekonomi masyarakat dan pemasukan daerah.

Diraihnya penghargaan Best Performance kategori Kawasan Utama Pariwisata Sumbar  itu, menurut Irwandi, hendaklah menjadi penyemangat guna meningkatkan hasil-hasil yang dicapai dalam pembenahan dan pengembangan pariwisata Bukittinggi ke depan. Fasilitas kepariwisataan yang sudah dibenahi, hendaklah dipelihara dan dikembangkan terus. Citra positif yang sudah terbangun melalui penataan, seperti parkir, diharapkan terus bersinar, sehingga kian membuat pengunjung dan wisatawan betah dan nyaman berada di Kota Jam Gadang. “Semua yang terkait dengan wisatawan, mesti memberikan pelayanan yang baik,” ujarnya. Pedagang di toko, kaki lima, rumah makan, restoran, nasi ampera, supir angkot, taksi, kusir bendi haruslah berorientasi pelayanan yang baik. Hindari penawaran harga seenak perut. Pengunjung mesti tahu daftar harga makanan, sehingga merasa tidak tertipu saat memanjakan selera dengan aneka kuliner dan masakan khas. (wnd/Aprilia/Kominfo)
Share:

Bupati Tanah Datar Terima Penghargaan Pembina Terbaik Karang Taruna

TANAH DATAR-Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi terima lencana Aditya Karya Mahatva Yodha Award 2016 dari Ketua Pengurus Karang Taruna Pusat Didik Mukrianto, Jum'at malam, (9/12) di Hotel Horison Ultima Palembang Sumatera Selatan.

Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Bupati Tanah Datar sebagai pembina terbaik wadah organisasi pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Tingkat Kabupaten/Kota, selain itu Bupati Tanah Datar selama ini juga dinilai aktif sebagai pengurus dan anggota Karang Taruna.

Keberhasilan Bupati Tanah Datar memperoleh penghargaan ini juga tidak terlepas dari penilaian DPD Karang Taruna Propinsi Sumbar yang melihat kiprah Bupati Tanah Datar membina Karang Taruna dan kemudian ditindaklanjuti pimpinan pusat Karang Taruna dan Kementerian Sosial RI dan dari penilaian dinilai layak menerima penghargaan prestisius ini..

"Penghargaan ini merupakan momentum penting bagi insan karang taruna dalam mengabdi kepada masyarakat, selain itu juga sebagai komitmen penting karang taruna sehingga mampu menjadi pelopor kesejahteraan bangsa serta menjaga konsistensi karang taruna dalam mencapai tujuan kinerja," hal ini disampaikan Bupati Irdinansyah sesaat setelah menerima penghargaan yang juga didampingi Plt. Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Khairul,S.Sos.

Dia juga mengatakan penghargaan ini merupakan keberhasilan kita bersama, terutama karang taruna yang mampu menjaga konsistensi pada tujuan utamanya dalam mendedikasikan diri untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat.

Ke depan kita juga akan terus memberdayakan organisasi pemuda yang tergabung dalam wadah karang taruna ini dalam setiap kegiatan ditengah-tengah masyarakat. Kegiatan ini akan banyak membawa manfaat terutama bagi pemuda itu sendiri, karena dengan berbagai kegiatan yang positif bisa menjaga dan menghindarkan mereka dari ancaman bahaya narkoba dan penyakit masyarakat lainnya.

Di samping itu pemuda merupakan pelopor masa depan bangsa yang nantinya akan menjadi pemimpin di masa depan, apabila pemudanya baik maka bangsa ini akan maju, begitu juga sebaliknya, pungkas bupati.(Humas)
Share:

Telkom Siap Dukung Smart Government Di Solok Selatan

SOLOK SELATAN-PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap mendukung Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menjalankan smart government untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal bagi masyarakatnya.

“Dalam kunjungan Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, M. Eng ke Living Lab Smart City Nusantara belum lama ini beliau memberikan testimoni Solok Selatan Menuju Smart Government. Kami siap merealisasikan niat dari Pak Bupati itu,” ungkap Koordinator Living Lab. Smart City Telkom Indonesia Imanuddin, di Jakarta, Kamis (8/12).
 
Diungkapkannya, Pemkab Solok Selatan telah melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Telkom Regional I untuk menjalankan smart city. “Fokus pertama untuk Solok Selatan adalah di sisi konektifitas. Kita akan instalasi infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka mendukung connectivity implementasi Smart City di Solok Selatan,” katanya.

Sedangkan kedepannya, akan disiapkan solusi smart city nusantara (SCN) yang mengedepankan kepada kearifan lokal sesuai dengan Zona Smart Government, Smart Industry dan Smart Citizen.
“Ini semua sesuai dengan konsep SCN yang selalu beradaptasi dengan kearifan lokal. Satu smart city, satukan nusantara,” tutupnya.
 
Asal tahu saja, Telkom Smart City Nusantara sendiri terdiri dari Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen. (Baca: Smart City Nusantara).

Adanya 7 solusi vertikal tersebut maka ciri khas dan keragaman daerah tetap dapat dilakukan dan implementasikan dengan baik. Kelebihan lain dari konsep smart city nusantara adalah mengadopsi platform dan berbagai aplikasi smart city dari pengembang aplikasi lokal yang paham dan spesifik dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Smart City Nusantara milik Telkom banyak diadopsi oleh pemerintah daerah di Sumatera Barat, salah satunya Kota Pariaman.
Fokus untuk Pemerintah Kota Pariaman akan menerapkan enam solusi smartcity yaitu Hi City yang berisikan Informasi nama kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan, info restoran. Mall. Rumah Sakit, Puskesmas Mall, termasuk info tempat wisata dan yang menarik lainnya.

Solusi e-kelurahan/desa, e-puskesmas, dan e- pelaporan. Sosial media analytic untuk memantau isu yang berkembang di masyarakat/bisa digunakan sebagai media survei untuk melihat respon masyarakat terhadap kebijakan yang dibuat Pemerintah Kota dan sentiment masyarakat.

Terakhir, Command center untuk monitor kondisi kota dengan memakai sensor di kota Pariaman pada beberapa titik penting.(web)


Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.