Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 12/06/16 ~ Sorot Sumatera

Bonus Atlet Porprov Kota Pariaman Naik 10 Persen

PARIAMAN-Wakil Ketua Kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV 2016 Kota Pariaman, Kanderi, menyatakan tidak akan ada pemotongan uang bonus atlit peraih medali, baik emas, perak maupun perunggu, serta bonus bagi pelatih.

"Tidak ada bentuk pemotongan apapun bagi penerima bonus, kecuali dipotong pajak yang memang sudah merupakan ketetapan," ungkapnya di Pariaman, Senin (5/12).

Sedangkan untuk jumlah nominal bonus yang akan diberikan kepada masing atlit peraih medali, naik 10 persen dari bonus yang diberikan pada Porprov XIII lalu, begitu juga dengan bonus pelatih.

"Porprov lalu bonus atlit peraih medali emas Rp12,5 juta, sekarang sebagaimana anjuran Pak Walikota, bonus wajib dinaikan paling tidak sekitar 10 persen," ujar Kanderi yang juga menjabat Kepala Disdikpora Kota Pariaman itu.

Ia menerangkan, saat ini jumlah pasti nominal yang akan diterima atlet dan pelatih, sedang dalam pembahasan di DPPKA Kota Pariaman. Rincian nominal bonus peraih medali perak setengah dari nominal penerima bonus medali emas, sedangkan bonus perunggu setengah dari jumlah nominal yang diterima peraih medali perak.

"Kita sudah ajukan catatan garis besar nominal bonus yang akan diterima atlit dan pelatih, namun kewenangan penetapan jumlahnya berada di DPPKA yang tentunya sesuai dengan keuangan daerah dan anjuran walikota," pungkasnya.

Sementara itu DPRD Kota Pariaman telah mengesahkan anggaran untuk pemberian bonus kepada atlit dan pelatih peraih medali sekitar Rp2 miliar yang disahkan bersamaan dengan APBD Tahun 2017 Kota Pariaman, 30 November lalu.

"DPRD menyarankan Rp25 juta untuk emas, Rp12,5 juta untuk perak dan Rp6,25 untuk perunggu. Sedangkan untuk bonus pelatih, sekitar 10 sampai 15 persen dari nominal yang diberikan kepada atlit peraih medali," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Senin (5/12).

Menurutnya, bonus 10 hingga 15 persen bagi pelatih tidak diambil dari bonus atlit, melainkan dari anggaran yang sudah disediakan Rp2 miliar tersebut.

Terkait pencairan bonus atlit, kata Syafinal, DPRD meminta pihak eksekutif melakukan secepatnya, sesuai dengan aturan pencairan keuangan daerah.

Porprov XIV Sumbar di Padang berakhir pada 29 November lalu. Kota Pariaman meraih ranking 11 dengan perolehan 19 medali emas, 30 perak dan 57 perunggu. Kota Pariaman juara umum pada cabang olahraga tarung derajat dan sepatu roda.(Olp)

Share:

18 Dubes Negara Asean Kunjungi Tanah Datar

TANAH DATAR-Pemerintah Tanah Datar bersama Keluarga Kerajaan Pagaruyung Darul Qoror sambut 18 duta besar (Dubes) yang tergabung dalam East Asia Summit (EAS) secara adat saat berkunjung ke Istano Silinduang Bulan, Sabtu (3/12). Penyambutan Dubes untuk negara-negara Asean tersebut diawali dengan penampilan Silek Galombang, kesenian Tari Piring, dan atraksi pencak silat.

Sebelum menaiki rumah gadang Istano Silinduang Bulan Darul Qoror, para Dubes juga mendengarkan Kato Pasabahan Adat. Di dalam rumah gadang, masing-masing Dubes diberikan tanda Bintang Kehormatan dari Kerajaan Pagaruyung  yang diserahkan langsung oleh Sultan Muhamad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti dan acara diakhiri dengan Makan Bajamba secara adat.

Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror Sultan Muhamad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti menyampaikan kunjungan para Dubes ini merupakan suatu kehormatan dan sangat bersejarah bagi keluarga besar Kerajaan Pagaruyung.

"Kami berharap para duta besar dapat memperkenalkan tradisi kesenian, adat, dan budaya Minangkabau di negara masing-masing sehingga akan timbul interaksi antar masyarakatnya di bidang kebudayaan," harap Sultan Taufiq.

Pemberian tanda Bintang Kehormatan ini hendaknya mampu menjalin kekerabatan antar negara dan hubungan persahabatan keluarga Kerajaan Pagaruyung dengan negara tersebut, pungkas Sultan Taufiq .

Sementara itu, Bupati Irdinansyah menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Tanah Datar dan menaiki rumah gadang Istano Silinduang Bulan Darul Qoror.

Bupati juga menjelaskan sekilas tentang daerah Tanah Datar yang merupakan satu dari 12 kabupaten di Sumatera Barat, terdiri dari 14 kecamatan, 75 nagari, dan sebagian besarnya penduduknya hidup sebagai petani, serta dikaruniai cukup banyak objek wisata alam, budaya, dan keseneian.

"Bahkan satu nagari di Tanah Datar dinobatkan sebagai daerah terindah dari lima daerah terindah lainnya di dunia yakni Nagari Pariangan dan  salah satu objek wisata sudah menjadi destinasi wisata di Indonesia yang selalu menjadi kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik yakni Istano Basa Pagaruyung”, ungkap Bupati. 

Dubes Indonesia untuk Asean Rahmad Pramono mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kerajaan Pagaruyung Darul Qoror dan Pemkab Tanah Datar atas penyambutan yang meriah dan telah mengenalkan budaya, adat, dan kesenian orang Minangkabau.

Kunjungan para Dubes ke Sumbar selama dua hari (3 s/d 4 Desember 2016) dengan tujuan para Dubes Asean ini datang ke Tanah Datar adalah untuk meningkatkan interaksi masyarakat lokal dan mengenalkan budaya lokal kepada negara Asean, serta mengembangkan potensi budaya Minangkabau dalam mempromosikan kepada negara-negara Asean.

“Kunjungan kami ke Sumbar dengan tujuan mengenalkan kebudayaan, pertemuan para duta besar dan Focus Group Discussion (FGD) dengan perguruan tinggi dengan membawa 18 Dubes mewakili negera Brunai Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, Tiongkok dan Indonesia,” kata Rahmad.

Pada akhir sambutannya berharap mudah-mudahan, hasil kunjungan para duta besar negara tersebut mendapat kesan positif, sehingga bisa menceritakan atau mempromosikan potensi budaya dan wisata Tanah Datar di negara masing-masing,” pungkas Rahmad. humas/eri/adi
Share:

Solok Selatan Bentuk KPA Cegah Penyebaran HIV/AIDS

SOLSEL-Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat akan membentuk Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) guna mencegah penyebaran penyakit berbahaya tersebut.


"KPA ini akan melibatkan lintas sektor dan kita akan mengusulkan anggarannya di 2017," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman di Padang Aro, Senin.

Ia mengatakan pihaknya pada tahun ini baru memberikan rekomendasi untuk pengobatan gratis kepada penderita HIV/AIDS.

Tetapi tahun depan, imbuhnya akan diupayakan membentuk KPA agar tidak ada lagi penularan baru atau kasus baru yang berkembang.

Ia mengatakan dari 26 orang yang tercatat menderita penyakit berbahaya tersebut 16 orang didapat karena seks, enam orang tertular dari orang tua atau suami maupun istri serta dua orang disebabkan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) dan dua lagi terlibat narkoba.

"Seks bebas mendominasi penyebaran virus HIV bagi penderita di Solok Selatan dan sekarang mereka harus meminum obat setiap hari untuk tetap bertahan hidup," sebutnya.

Dari 26 orang yang menderita HIV/AIDS tersebut, imbuhnya delapan orang sudah meninggal dunia dan 16 orang diberikan Anti Retro Viral (ARV) untuk mencegah berkembangnya virus HIV.

Penderita penyakit berbahaya tersebut, imbuhnya ada yang hanya terkena HIV saja atau HIV/AIDS serta Tubercolosis/HIV.

Ia menyebutkan penderita HIV/AIDS di Solok Selatan didominasi usia yang masih tergolong produktif yaitu antara 17-43 tahun.

"Sekarang ini juga ada balita berusia 4,5 tahun yang tertular dari orang tuanya yang positif HIV/AIDS," katanya.

Ia menambahkan penderita HIV/AIDS juga ada yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang usianya masih muda serta satu orang mahasiswa yang baru berusia 20 tahun.

Sementara itu anggota DPRD Solok Selatan Raimon mendukung rencana pemerintah ini supaya penyebaran HIV/AIDS bisa dicegah.

"Pemerintah harus sungguh-sungguh melaksanakan programnya supaya alokasi anggaran yang akan digunakan tidak mubazir," katanya.

Selain itu, imbuh pemerintah daerah juga harus meningkatkan pengawasan terhadap lokasi atau tempat yang dianggap sebagai ajang seks bebas untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS.

"Orang tua dan guru juga harus dilibatkan dalam pengawasan anak-anak mereka supaya tidak terlibat seks bebas serta penyalahgunaan narkoba yang menjadi penyebab utama penyebaran HIV/AIDS," terangnya.

Menurutnya melakukan upaya pencegahan jauh lebih baik daripada memberikan obat terhadap penderita HIV/AIDS, oleh sebab itu harus serius melaksanakannya.(web)
Share:

Pegawai Yang Berbazis Elektronik

AROSUKA-Menyelegarakan sosialisasi pedoman tata naskah .di ruang pelangi
berlangsung 1 hari 5/12/2016 kegiatan ini merupakan mengimformasikan
kepada PNS tentang aplikasi E-Takah dilingkungan pemerintah kabupaten
solok

Sosilisasi ini di sampaikan oleh  Regional XII BKN pekan baru Abdul
wahib . untuk menwujudkan kepegawaian berbasis eletronik yang efektif
dan efisienserta terinterasi secara nasional di lingkup pemerintah
sesuai dengan peraturan kepala badan kepegawai an negara NO 18 th 2011
tentang pedoman pegelolaan tata naskah kepegawaian negri sipil di
lingkup pemerintahan

Dan menjadi dasr undang-undang NO 5 thn 2014tentang apratur negara ,
materi sosilisasi cara pengisian aplikasi eletronik tata naskah dan
mekanisme pemamfaatan eletronok naskah

Pada kali ini bupati kabupaten solok  Gusmal SE MM, Dengan adanya
pengelolaan naskah kepegawaian melalui e-takah ini, maka seluruh
dokumen kepegawaian Bapak-bapak dan ibuk-ibuk lebih terjamin
keamanannya dan dapat dicetak kapan saja sesuai kebutuhan

Data-data kepegawaian juga diharuskan senantiasa up to date (akurat)
bagi penentuan manajemen pegawai Negri sipil yang baik, baik di
tingkat pusat maupun daearah

Informasi yang berkualitas akan sangat mendukung dalam proses
perencanaan dan pengambilan keputusan di bidang kepegawaian serta
implementasinya di lapangan dan untuk itu data-data kepegawaian pada
setiap naskah kepegawaian, sebagai embiro informasi haruslah berupa
data –data yang berkualitas pula

Pelakasanaan e-takah ini salah satunya bertujuan menunjang
pelaksanaan kenaikan pangkat otomatis.kedepannya untuk kenaikan
pangkat dan pension,bapak-bapak dan ibu-ibu tidak perlu lagi
mengirimkan berkas,cukup BKD yang mencetak berkas kepegawaian
bapak-bapak dan ibu-ibu dari aplikasi e-takah ini.

  Bagi SKPD yang belum menyampaikan data elektronik
kepegawaiannya,agar segera menyerahkan ke BKD, karena untuk kenaikan
pangkat pada bulan april mendatang, berkas persyaratanya di cetak oleh
BKD, artinya PNS yang akan naik pangkat tersebut tidak ada lagi
mengumpulkan berkas.

Di akhir kata bupati  mengucapkan  Semangat telah  mengikuti
sosialisasi pelaksanaan elektronik tata naskah e-takah  di lingkungan
pemerintah kabupaten solok, dan terimakasih kepada narasumber dari
kantor regional XII badan kepegawaian Negara pecan baru yang telah
berkenan memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait pelaksanaan
elektronik tata naskah kepada kita, semoga acara sosialisasi ini
membawa manfaat bagi kita bersama.(Yon)
Share:

Pilwana Punggasan Timur Berjalan Sukses. Safrijal kembali Terpilih

PESSEL-Pemilihan wali nagari punggasan timur kecamatan linggo sari baganti kabupaten pesisir berjalan sukses.   Tiga kandidat  Calon wali nagari yang ikut kompetisi pilwana damai empat desember tahun ini kembali dimenangkan calon petahana. syafrijal dengan nomor urut tiga yang akrab disapa pije menang telak mengalahkan dua kandidat lainnya yul hendri  bernomor urut dua dan samsul bahri bernomor urut satu.

Dari informasi yang di himpun dilapangan. Azari ketua pilwana punggasan timur mengatakan allahdulillah pemilihan wali nagari kali ini berjalan sukses dengan tertib dan lancar. Dimana masyarakat kita sudah punya kesadaran berdemokrasi untuk memilih wali nagari baru ini terlihat dari bukti kehadiran masarakat yang datang memilih sudah melebihi angka tujuh puluh parsen. Walaupun sekarang dalam kondisi turun kesawah.

Lebih lanjut dikatakan azari  daftar pemilih tetap wajib pilih masarakat ada sebanyak dua ribu sembilan ratus dua puluh enam.  Sementara masarakat yang datang memilih berjumlah seribu delapan ratus dua puluh orang. Dimana syafrijal mengantongi suara sembilan ratus dua puluh satu suara. Yul hendri memperoleh tiga ratus dua puluh delapan suara dan samsul bahri memperoleh lima ratus tujuh puluh satu suara.

Di tempat terpisah dirumah kidiaman petahana terpilih. Dikatakan Safrijal  di hadapan tim pemenanganya mengatakan  kemenangan ini bukanlah kemenangan saya tetapi adalah kemenangan  kita masarakat punggasan timur. Untuk itu kedepannya  mari kita bangun nagari ini lebih baik lagi bersama sama. (O.s)
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.