Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 12/05/16 ~ Sorot Sumatera

Bersama Hendri Arnis Dan Mawardi, Kota Padang Panjang Bertabur Prestasi

PARIWARA KOTA PADANG PANJANG


PASCA dilantik 1 Oktober 2013 oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, di Gedung DPRD Padang Panjang, pasangan Walikota Hendri Arnis dan Wakil Walikota Mawardi langsung membawa perubahan untuk Kota Serambi Mekah itu.
Sejak awal Hendri mengusung satu komitmen awal sebagai pasangan kepala daerah terpilih, yakni menyelesaikan program pemimpin sebelumnya, meningkatkan  kinerja aparat dan membawa Padang Panjang sebagai kota yang aman dan sejahtera.

Meski ketika mengawali tugas sebagai kepala daerah, walikota termuda yang dikenal sangat energik itu mengaku kikuk, karena struktural hampir di setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang ada belum menyatu dengan visi kepemimpinannya, namun akhirnya semua bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Kini pada usianya ke 226 , Kota Padang Panjang terus berbenah, dengan visi dan misi yang terangkum untuk mewujudkan Padang Panjang yang aman dan sejahtera, kota yang berjuluk Kota Serambi Mekkah ini mensejajarkan diri dengan daerah lainnya.

Salah satu program besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, adalah dimulainya  pembangunan pasar. Pasar Padang Panjang ini direncanakan  rampung akhir 2017 nanti. Selain itu Hendri Arnis juga membangun Islamic Center di atas tanah lebih dari 4 Ha. Nanti selain bangunan masjid yang megah juga ada beberapa gedung dan lapangan yang bias dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai kegiatan. Bangunan yang terletak di Kelurahan Koto Katiak,  ini direncanakan rampung akhir 2017.

Kota Padang Panjang yang berpenduduk sekitar 50.000 jiwa, yang tersebar di dua kecamatan di bawah  kepemimpinan Hendri Arnis dan Mawardi, membuktikanya dengan berbagai raihan prestasi tingkat daerah maupun tingkat nasional. “Prestasi ini tentu menjadi motivasi bagi seluruh stakeholder dalam mewujudkan Padang Panjang yang aman dan sejahtera," ujar Walikota Hendri Arnis  suatu ketika beberapa waktu lalu. 

Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Padang Panjang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh daerah lain, bagaimana tidak pada tahun ini saja setidaknya puluhan prestasi diraih Padang Panjang untuk tingkat nasional. Sepanjang tahun 2016 tercatat berbagai prestasi yang diraih dan penghargaan yang diperoleh berkat kerja keras dari komitmen Hendri Arnis membangun Padang Panjang. Seperti bidang pendidikan, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, administrasi pembangunan, kesehatan lingkungan hidup, administrasi kependudukan, lalulintas dan transportasi dan sosial kemasyarakatan lainnya.
Di bidang pendidikan, Walikota Padang Panjang Hendri Arnis menerima penghargaan sebagai Pengelolaan Pendidikan Terbaik  II tingkat Sumatera Barat, Anugrah Kawastara Pawitra dari Kementerian Pendidikan serta  Inaugurasi Sampoerna Academy dari Perusahaan Sampoerna Group atas kepedulianya terhadap dunia pendidikan.

Pada bidang lingkungan hidup, Adiwiyata tingkat Provinsi Sumbar diraih dua sekolah sekaligus,  peringkat II Kelurahan Bersih,  serta Harapan 2 penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Sumbar dan memperoleh anugrah Adipura Buana dari pemerintah pusat sebagai kota terbersih 2016 untuk kategori kota kecil.

Sedangkan dibidang pelayanan kependudukan, kota Padang Panjang menjadi salah satu kota di Indonesia yang dipercaya sebagai pilot project Kartu Identitas Anak ( KIA ), meraih penghargaan pencapaian target penerbitan akte kelahiran anak, dan menerima sertifikat  pelayanan publik  dengan standar ISO 9001: 2015 dari PT. BSI Perwakilan Indonesia yang diserahkan pada Tgl 1 Desember 2016.

Dalam memberdayakan perempuan dan keluarga berencana,  meraih juara 3 kategori madya tingkat nasional, dan juara 1 KB Lestari 10 tahun dan 20 tahun tingkat Propinsi Sumatera Barat, Ayah Genre  Award disandangkan kepada Walikota Hendri Arnis  karena dinilai sebagai kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi terhadap program generasi berencana.
Pemerintah kota Padang Panjang juga memperhatikan kesehatan masyarakatnya, didukung dengan keberadaan sarana dan prasarana kesehatan, dan penghargaan Kota Sehat dengan predikat Swastisaba Wistara menjadi milik kota Padang Panjang.( Pulkani )



Share:

Wako Padang Panjang Hendri Arnis Launching Kartu Identitas Anak

PADANG PANJANG, TEROBOS – Kota Padang Panjang menjadi yang terdepan dan pertama di Provinsi Sumatera Barat dalam menerbitkan Kartu identitas Anak (KIA) yang merupakan dokumen kependudukan bagi anak berusia 0 -16 tahun. 

Perwujudan dari hadirnya KIA di Kota Padang Panjang,senin (28/11) Walikota Padang Panjang Hendri Arnis melaunching KIA yang di diselenggarakan di Gedung M. Syafei. Tampak hadir, Kepala Disdukcapil Kota Padang Panjang Maini, para pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, beserta undagan lainnya. KIA merupakan upaya untuk mendata penduduk sejak lahir sampai nanti waktunya anak-anak ini berkewajiban memiliki KTP-elektronik. KIA juga sebagai perwujudan kesungguhan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya bagi anak.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis dalam sambutannya mengatakan KIA merupakan terobosan yang diharapkan mampu menjadi sumber data berapa sebenarnya jumlah anak Indonesia dan bagaimana melindungi anak anak tersebutdari berbagai perbuatan yang bisa mengancam hak hak mereka dan kesejahteraan mereka.

Launching ini merupakan bagian dari kegiatan pemerintah yang menetapkan Kota Padang Panjang sebagai Pilot Projek penerbitan Kartu Indentitas Anak (KIA). Dengan adanya launching ini, diharapkan seluruh anak yang ada di Kota Padang Panjang , pada tahun 2016 ini sudah memliki Kartu Identitas Anak, katanya.

Dikatakannya , KIA bagi anak Kota Padang Panjang adalah momentum penting dan berharga untuk membuktikan bahwa kita sangat peduli dan menjadikan anak sebagai asset yang perlu dijaga dan perlu diberi kartu identitas agar mereka menjadi lebih bermakna di mata hukum. 

Ada 12 orang anak yang di launching sebagai penerima secara simbolis KIA yang mewakili anak - anak dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan MTsN. Anak – anak tersebut diundang dengan didampingi orang tuanya masing – masing. Diantaranya yang mewakili anak – anak untuk tingkat SMP adalah “Alfa Ma’rifatul Ikram” , yang berasal dari SMPN 4 Kota Padang Panjang.

Diakhir acara Walikota Padang Panjang berserta Kepala Dinas Dukcapil Kota Padang Panjang dan tokoh masyarakat memberikan secara langsung  Kartu Identitas anak (KIA) kepada anak anak Kota Padang Panjang yang hadir di  hari itu.(Pulkani/ Gito - R)




Share:

Tiga Momentum Diperingati Serentak Di Balai Kota

PADANG PANJANG, TEROBOS – Segenap ASN dan para guru di Kota Padang Panjang ikuti Tiga moment kegiatan Upacara,  yakni Peringatan HUT KORPRI ke – 45, Hari Guru serta HUT PGRI ke – 71, dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 52 yang dilaksanakan secara serentak dalam sebuah upacara yang di Balai Kota Padang Panjang, Selasa (29/11).
Turut Hadir dalam Upacara tersebut.

FORKOPIMDA Kota Padang Panjang, Kepala Kemenag Kota Padang Panjang Alizar Chan, Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Edwar Juliartha, Para Asisten, Kepala SKPD, dan undangan lainnya. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Walikota Padang Panjang Mawardi.  Wakil Walikota Padang Panjang Mawardi dalam amanatnya mengatakan dengan tema yang telah ditetapkan oleh Dewan Pengurus Nasional KORPRI, yakni  Bersama KORPRI Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara, ia mengajak seluruh anggota KORPRI memaknai tema tersebut dengan cara meningkatkan kualitas diri sebagai pemberi pelayanan publik, sehingga pelayanan yang diberikan tersebut mampu memberi rasa puas dan bangga bagi yang dilayani.

KORPRI adalah ujung tombak pelayanan, sebagai anggota KORPRI kita harus bertekad untuk memberi pelayanan yang sebaik baiknya kepada masyarakat, ungkatpnya. Wawako Mawardi juga mengajak semua anggota KORPRI berkomitmen bekerja dengan baik dan profesional agar visi dan misi yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kota Padang Panjang Tahun 2013 - 2018 dapat diwujudkan. KORPRI harus satu suara untuk kepentingan bersama dan kepentingan masyarakat, katanya.

Berkaitan dengan Hari Guru dan HUT PGRI yang ke 71  Wawako Mawardi juga menyampaikan amanat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhajir Effendy serta amanat dari Menteri Kesehatan Nila Farida Moeloek berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional.
Amanat dari menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhajir Effendy diantaranya dikatakan, Peningkatan Profesionalisme guru menjadi salah satu dari lima agenda utama
pembangunan pendidikan nasional. Sejak ditetapkan Undang Undang No. 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional. Kendati demikian, profesionalisme guru di Indonesia masih belum memenuhi harapan. Telah banyak upaya yang ditempuh agar para guru semakin profesional, namun upaya tersebut akan sia - sia tanpa keinginan keras dari pihak para guru itu sendiri.

Sementara itu dalam amanat  Menteri Kesehatan Nila Farida Moeloek diantaranya disebutkan tentang kesehatan yang dihadapi Indonesia saat ini. Dalam menghadapi masalah kesehatan ‘triple burden’ yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan munculnya penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Dikatakannya, penyakit yang diakibatkan oleh penyakit tidak menular yaitu stroke menduduki tingkat pertama, tentunya hal itu menjadi ancaman bagi produktifitas bangsa. Oleh karena itu diperlukan upaya promotif dan preventif untuk menjawab itu semua dengan pencegahan yang dimulai dari diri sendiri serta didukung dengan kualitas lingkungan, ketersedian sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan menciptakan sumber daya kesehatan , menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi.

Diakhir acara, Wawako Mawardi bersama FORKOPIMDA dan pejabat lainnya melaunching Gerakan Sholat Berjamaah ke Masjid serta menyerahkan piagam dan hadiah kepada para  ASN, guru dan  pelajar  yang berprestasi di Kota Padang Panjang.  (Pulkani/ Gito - R)




Share:

Paripurna Hut Padang Panjang Ke 226 Tahun

PADANG PANJANG, TEROBOS – Walikota Padang Panjang Hendri Arnis mengajak segenap perangkat daerah untuk meningkatkan kinerja agar bisa meraih kemajuan untuk masyarakat Kota yang berjuluk Serambi Mekah itu. Hal itu disampaikan saat Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Padang Panjang ke 226, Kamis (1/12).

“Prestasi yang diraih tak lepas dari kerjasama yang selalu dijalin antara eksekutif dan legislatif serta peran serta masyarakat Kota Padang Panjang. Mari Kita tingkatkan kerjasama meraih hal – hal yang telah direncanakan untuk kemajuan Kota Padang Panjang,” katanya.

Ia menyebutkan, di dalam priode kepemimpinannya, beberapa orang dari jajarannya telah meraih peningkatan dan kesusksesan, seperti Kepala DP2KAD Rusdianto Kota Padang Panjang yang telah menjadi Sekda Kota Solok, dan Kepala Dinas Pertanian Chandra yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Sumatera Barat. “Saya harap Kepala SKPD yang lain bisa menyusul langkah yang ditempuh oleh seniornya itu”, Katanya.

Sidang Paripurna tersebut di hadiri oleh Gubernur Sumtera Barat yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Hukum Yulizar, Bupati Tanah Datar Irdinasyah Tarmizi, Bupati Kabupaten Kerinci Adirozal, Direktur utama Bank Nagari Dedi Ihsan, Unsur Muspida, Tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Diakhir acara Walikota Padang Panjang memberikan sejumlah penghargaan kepada tokoh berprestasi yang memberi inspirasi kepada Kota Padang Panjang, diantaranya diberikan kepada Kapolres Padang Panjang Cepi Noval, Kepala Dinas KPPT Tuty Rajab, Kepala Dinas Dukcapil Kota Padang Panjang Maini serta kepada Bupati Kabupaten Kerinci Adirozal yang dulu pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Padang Panjang priode tahun 2003 -2008. (Pulkani/ Gito - R)




Share:

IDP Meriahkan Hut Kota Padang Panjang Ke 226

PADANG PANJANG, TEROBOS – Pentas HUT Kota Padang Panjang ke 226 yang menampilkan Penyanyi Nasional Indah Dewi Pertiwi (IDP), serta artis lokal lainya Jumat (2/12) di lapangan Khatib Sulaiman Bancah Laweh berlangsung meriah. 

IDP yang membawakan sejumlah lagu andalannya seperti Hipnotis, Jangan Sedih, Baru Aku Tahu Cinta Itu dan tembang dari Dewa 19 serta lagu regee, seakan merubah suasana malam yang dingin di Kota Padang Panjang itu menjadi hangat.

Terlihat masyarakat Kota Padang Panjang sangat antusias melihat penampilan dari Indah Dewi Pertiwi. Saat penampilannya, Indah Dewi Pertiwi sempat mengajak Walikota Padang Panjang Hendri Arnis untuk berduet menyanyikan lagu Didadaku Ada Kamu dari Vina Panduwinata. 

Walikota Hendri Arnis yang semula enggan untuk berduet, akhirnya turut bersama bernyanyi menghibur masyarakat Kota Padang Panjang malam itu.
" Demi menghibur masyarakat Kota Padang Panjang," ia menjawab sambil tersenyum saat ditanya usai acara tersebut.(Pulkani/ Gito – R)



Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.