Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 11/25/16 ~ Sorot Sumatera

HUT KORPRI ke-45 dimeriahkan dengan Gerak Jalan Santai

PARITA MALINTANG-Gerak jalan sehat yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Padang Pariaman, Anggota TNI, Kepolisian, Siswa SLTA dan SLTP serta masyarakat Nagari Paritmalintang, menempuh rute sepanjang 2,5 km.

Wakil Bupati, dalam sambutannya "mengharapkan moment peringatan HUT KORPRI ini bisa menjadi tonggak peningkatan kinerja dan disiplin ASN. Sebagai abdi negara dan masyarakat, ASN harus dapat memberikan pelayanan yg terbaik bagi masyarakat. Disamping itu hendaknya ASN menjadi contoh dan tauladan ditengah-tengah masyarakat", ungkap mantan Ketua KPUD ini.

"Sebagaimana program pemerintah pemberantasan pungutan liar (pungli), ASN merupakan yang terdepan dalam pelaksanaanya. Tentu dalam prakteknya terlebih dahulu membersihkan diri dan bebas dari praktek penyalahgunaan kewenangan. Berikanlah pelayanan yang prima kepada masyarakat dan tunjukan bahwa kita adalah abdi mereka", tegas Wakil Bupati dihadapan ratusan peserta gerak jalan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jonpriadi, dalam laporannya mengatakan bahwa "gerak jalan jantung sehat ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan pada HUT KORPRI di Kabupaten Padang Pariaman. Sebelum ini juga telah dilaksanakan kegiatan : Lomba Pengucapan Panca Prasetya Korpri, Lomba Mars Korpri antar SKPD, Lomba Asmaul Husna antar siswa Se-Kab. Padang Pariaman dan lomba shalat janazah". Juga telah dilaksanakan pemberian santunan pada anak berprestasi dari keluarga miskin."

Pada saat ini juga dilakukan kegiatan pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kolesterol, imbuh Ketua Dewan Pengurus Korpri Padang Pariaman.

Kemudian, puncak kegiatan HUT Korpri ke-45 tanggal 29-11-2016 akan dilaksanakan upacara bendera dan anjangsana ke Panti Asuhan. "KORPRI bukan hanya untuk ASN akan tetapi juga peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. Makanya kita juga melakukan kegiatan bhakti masyarakat ke panti-panti", ujar Ketua KORPRI didampingi Zahirman selaju Ketua Panitia HUT KORPRI.

Ditempat terpisah, Ketua Panitia, Zahirman, mengungkapkan bahwa kegiatan HUT KORPRI ini disponsori oleh Bank Nagari, BPJS serta bekerjasama dengan Baznas Padang Pariaman dan PMI Padang Pariaman. "Atas nama panitia dan pengurus Korpri, kita mengucapkan terimakasih pada sponsor dan pihak-pihak yang telah mensukseskan acara ini", kata Zahirman yg juga adalah Staf Ahli Bupati. (tim)

Share:

Kunjungan kerja DPC-HIPI Pasaman disambut hangat oleh Redaksi Jambi Ekpres

Pasaman-Kunjungan Kerja Himpunan Insan Pers Independen (HIPI) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat ke Graha Pena Jambi Ekspres, Sabtu (12/11) di sambut hangat dan penuh persaudaraan oleh Pimpinan Redaksi beserta keluarga besar Harian Umum Jambi Ekspres bertempat di Jln. Kapten Patimura Nomor: 35 Km 08 Kenali Besar Kota Baru Kota Jambi.

Kunjungan Rombongan organisasi HIPI Kabupaten Pasaman ke Graha Pena Jambi Ekpres di pimpin langsung oleh Ketua HIPI Pasaman Mulyadi,SH. dan di dampingi penasehat organisasi Boy Roy Indra,SH. serta sejumlah anggota HIPI Kabupaten Pasaman.
Dalam kunjungan tersebut, rombongan melakukan dialog atau diskusi bersama tim redaksi Jambi Ekspres dibawah pimpinan Pirma Satria.

Ketua HIPI Pasaman, Mulyadi SH dalam sambutannya mengatakan rasa syukur dirinya dan berterimakasih atas kesediaan Jambi Ekspres menerima kunjungan kerja organisasi HIPI Pasaman tersebut.

Mulyadi,SH. juga menyampaikan, “Semula, kunjungan ini akan di dampingi oleh Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Pasaman Antoni Rachmad dan Kabag Ekonomi Pemerintah Kabupaten Pasaman Maspet Kennedy, namun, karena ada tugas mendadak sehingga mereka berdua tidak dapat berangkat dengan rombongan HIPI tersebut, akan tetapi tidak lepas dari amanat yang mereka sampaikan, semoga perjalanan kunjungan berhasil sukses, baik perjalanan pergi maupun pulang dengan sejumlah catatan pengetahuan dan perbandingan pengalaman untuk di prakarsakan di Pasaman.

Selain itu kata Mulyadi,SH. kunjungan itu dalam bentuk ingin mengenal Jambi Ekspres lebih dekat cara kerja dari media Jambi Ekspres sehingga dapat meningkatkan wawasan dibidang tugas jurnalis yang profesional di Kabupaten Pasaman secara umum dan organisasi HIPI secara khusus dalam mewujudkanmasyarakat kabupaten Pasaman yang sejahtera diera kepemimpinan bupati Yusuf Lubis dan wakil bupati Atos Pratama, ujarnya.

Mulyadi,SH. juga menambahkan bahwa organisasi DPC-HIPI Pasaman terdiri dari gabungan dari berbagai jurnalis-jurnalis media baik cetak maupun online, di Pasaman ada empat organisasi Wartawan yang aktif sampai saat sekarang ini, tuturnya.

Sementara, penasehat HIPI Pasaman Boy Roy Indra,SH, memaparkan tentang arti pentingnya kunjungan tersebut bagi wartawan-wartawan yang ada dilingkup organisasi DPC-HIPI Pasaman untuk manambah wawasan dan pengalaman baru, sehingga mampu berdaya saing tinggi, dan sekaligus mengajak dialok interaktif.

Boy Roy Indra,SH. dengan gaya bahasanya yang sangat komunikatif itu dapat mencairkan suasana lebih hangat lagi dengan penuh rasa kekeluargaan, yang seolah-olah sudah sekianlama berkenalan tapi terpisah oleh waktu dan situasi sehingga berjumpa saling melepas rasa rindu dalam dialog keluarga.

Sementara itu, Pimred Jambi Ekspres, Pirma Satria menyampaikan, “Selamat datang dan terimakasih kepada seluruh rombongan HIPI Pasaman yang telah hadir dan berkesempatan mengunjungi Jambi Ekspres, kami sangat bahagia dengan adanya kunjungan ini, karena dengan adanya kunjungan kerja tersebut akan membawa manfaat yang sangat besar, ungkap Prima Satria.

Seterusnya Pirma Satria mengutarakan tentang manajemen dan pengelolaan Jambi Ekspres secara gamblang, terbuka, penuh persaudaraan, sambil memperkenalkan satu persatu rekan-rekan kerjanya dalam membangun dan memperjuangkan perkembangan Jambi Ekspres yang didukung kru kru dan wartawan yang profesional sesuai dengan tugas masing masing.

Pirma Satria juga mengatakan, Jambi Ekspres sampai saat ini Alhamdulillah mampu menerbitkan berita setiap harinya sekian ribu ekseplar/oplahan, demikian juga dengan media onlinenya, tetap update, setiap kabupaten kota beri nama korannya seperti Tebo Ekpres, Sarolangon Ekpres, Batanghari Ekpres dan lain sebagainya dan cetaknya tetap dikantor Jambi Ekpres, ujarnya sambil menawarkan dan mencicipi snack produk Jambi. (Humas)
Share:

Siswa Tanah Datar Diminta Bentengi Diri

TANAH DATAR-Sekitar 1.500 siswa dari 5 sekolah SMA sederajat di Kecamatan Lintau Buo Utara dan Lintau Buo, Jum'at (18/11) ikuti sosialisasi tentang bahaya narkoba, seks bebas dan pernikahan dini bagi remaja. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMA N 1 Lintau ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Daerah Tanah Datar dengan IKTD Lampung.

Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi di sela-sela kesibukannya juga menyempatkan untuk hadir pada acara tersebut. Beliau mengatakan bahwa kehadirannya pada kegiatan ini diharapkan mampu memberikan motivasi tersendiri bagi para siswa SMA sederajat yang mengikuti sosialisasi ini.

Dia mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari di 4 tempat yang berbeda. Untuk siswa SMA di wilayah Lintau kita adakan di sini. Dan besok akan kita adakan di 2 wilayah yang pertama untuk wilayah Kecamatan X Koto, Batipuh dan Batipuh Selatan akan kita laksanakan di Aula SMA 1 Batipuh. Sementara untuk wilayah Sungai Tarab, Salimpaung dan Tanjung Baru pelaksanaannya kita pusatkan di SMA 1 Salimpaung.

Sementara pada hari Minggu nanti kegiatan ini akan kita laksanakan di gedung Nasional dan akan diikuti oleh pelajar SMA sederajat yang berada disekitar kota Batusangkar dan ibu-ibu Dharma Wanita, ungkap Irdinansyah.

Adapun tujuan kegiatan ini menurut Irdinansyah untuk meningkatkan kualitas SDM agar terhindar dari pengaruh buruk narkoba, dengan harapan SDM kita bisa lebih baik dari daerah lainnya. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu sikap Pemda dalam menanggapi dan mengatasi berbagai fenomena yang terjadi baru-baru ini di Kabupaten Tanah Datar.

Selain itu Pemda Tanah Datar juga telah mengeluarkan aturan tidak memperbolehkan siswa sekolah SD sampai SMA membawa HP ke sekolah terutama Smartphone, karena diyakini Smartphone merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan timbulnya berbagai fenomena yang menimpa baru-baru ini di Kabupaten Tanah Datar.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil ketua DPRD Tanah Datar Irman. Dia menambahkan anak-anak harus patuh kepada orang tua dan gurunya, karena itu merupakan kunci keberhasilan di masa mendatang.

Sementara itu Ketua IKTD Lampung, Hj. Merrywati, SE mengharapkan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi anak-anak kita pelajar SMA dalam menghadapi berbagai tantangan dari bahaya narkoba, pergaulan bebas dan penyakit masyarakat lainnya.

"Saya berasal dari sini (Tanah Datar-red) dan berasal dari anak seorang pedagang kecil, terlepas dari sekarang dikenal sebagai pengusaha di rantau namun saya tetap peduli terhadap kampung halaman saya ini. Dan apabila saya mendengar berita di kampung terjadi musibah, bencana atau yang lainnya, maka dengan segala cara dan segenap tenaga serta segenap kemampuan saya akan memberikan dukungan dan bantuan", ungkapnya. (Web)
Share:

Mari sama-sama kawal penyelengaraan pilkada Mentawai tahun 2017

MENTAWAI - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Barat melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kepulauan Mentawai tahun 2017 kepada tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, tokoh adat dan media massa di Aula Bundo Guest House Senin, (21/11). Upaya tersebut dilakukan kepada stakeholders dan masyarakat Kepulauan Mentawai yang bertujuan mencegah potensi pelanggaran pemilu secara massif.

Ketua Bawaslu Sumbar Elly Yanti, SH mengatakan sosialisasi tatap muka kepada stakeholders dan masyarakat bertujuan untuk mensosialisasikan cara melakukan pengawasan dan penanganan pelanggaran pada penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mentawai tahun 2017. Selain itu, sosialisasi memiliki sasaran utama agar penyelenggara dan masyarakat dapat membangun suasana demi terciptanya suasana tertib dan aman.

“Kita berharap dengan dilakukanya kegiatan sosialisasi ini dapat menjadikan suasana yang kondusif pada penyelengaraan pilkada Mentawai pada tahun 2017 mendatang,” ujarnya.

Elly Yanti menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pendidikan pemilih pemula ditingkat Pelajar SMA dan SMK yang sudah masuk usia pemilih, kemudian sosialisasi tersebut juga akan dilanjutkan kepada partai politik.

“Kegiatan ini kita lakukan di dua kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2017. Yakni, Kepulauan Menta¬wai dan Payakumbuh. Kita mengajak stakeholder bersama-sama mengawasi Pilkada, sehingga pengawasan semakin efektif,” jelasnya.
Sementara itu Koordinator Divisi Penindakan Pelang¬garan Bawaslu Sumbar Aermadepa juga ikut menjadi narasumber menilai partisipasi masyarakat dalam pelaporan terhadap pelang¬garan Pemilu masih minim. Hal tersebut terbukti lebih tinggi temuan pengawas Pemilu dibandingkan laporan dari masyarakat. 

“Kegiatan ini kita lakukan mengingat minimnya minat masyarakat dalam melaporkan dugaan pelanggaran. Kita berharap, setelah acara, masyarakat berperan aktif mengawasi Pemilu dan mela-porkan pelanggaran,” katanya.
Ia berharap masyarakat tidak perlu takut melapor apabila menemui pelanggaran dalam pelaksaan Pilkada dan siap untuk memproses laporan yang diajukan tersebut. 

“masyarakat tidak perlu takut untuk melapor. Laporan bisa kami terima melalui telpon atau SMS dan laporan itu akan kami tindak lanjuti asalkan laporan tersebut valid” harapnya.(Nobel)
Share:

Solok Selatan Jadikan Nico Motivator Atlet Kempo

SOLOK SELATAN-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menjadikan atlet peraih emas PON Jawa Barat cabang kempo Nico sebagai pelatih sekaligus motivator bagi atlet dari daerah setempat.

"Kita mengharapkan mental tanding serta kemampuan Nico bisa ditularkan kepada atlet lainnya sehingga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar atlet kempo bisa meraih medali," kata Ketua KONI Solok Selatan Mario Syahjohan, di Padang, Rabu.

Dia mengatakan ajang Proprov Sumbar tahun ini akan dijadikan sebagai evaluasi sejauhmana Nico mampu membina atlet di bawah asuhannya.

"Bila tidak ada atlet di bawah binaannya meraih medali maka ia dianggap belum berhasil dalam membina atlet," katanya.

Ia menyebutkan pada Porprov Sumbar ke XIV di Kota Padang Nico tetap mewakili Solok Selatan pada kelas 70 kilogram.

Pada PON XIX katanya, Nico turun pada kelas 65 kilogram sehingga saat Porprov ia harus naik kelas bila ingin tampil.

"Nico salah satu harapan kita untuk bisa meraih emas serta atlet kempo lain dibawah binaannya," kata dia.

Pada ajang Proprov ini Solok Selatan sudah mendapatkan satu emas, empat perak dan tujuh perunggu yang disumbangkan dari lima cabang yaitu PABBSI, Dayung, Silat, Taekwondo serta Atletik.

Yang terbaru Solok Selatan mendapatkan medali perak dari cabang atletik nomor 80 meter putra yang dipertandingkan pada Rabu pagi di GOR H Agussalim Padang.

Ia menambahkan pihaknya masih optimis kontingen Solok Selatan bisa menambah raihan emas karena cabang yang menjadi unggulan belum dipertandingkan.

"Cabang unggulan kita seperti Wushu, Kempo serta angkat besi belum bertanding sehingga perolehan medali emas masih sedikit," katanya.

Sedangkan untuk cabang baru Muaythai katanya, secara mengejutkan bisa menyumbangkan satu medali perak serta tiga perunggu untuk Solok Selatan.

"Muaythai secara mengejutkan bisa meraih medali perak untuk Solok Selatan," katanya. (web)
Share:

Wabup Sampaikan Nota Jawaban Bupati

SIJUNJUNG-Tindak lanjut dari tiga rancangan peraturan (Ranperda) yang dibahas, Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy menyampaikan nota jawaban bupati atas pemandangan umum fraksi DPRD, dalam rapat paripurna di gedung dewan, Senin (21/11).

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Walbardi, dihadiri pejabat teras Pemkab Sijunjung, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),  camat dan segenap anggota dewan.

Tiga Ranperda yang dibahas, tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian walinagari, Ranperda ketahanan pangan serta Ranperda rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2025.

Dalam nota jawaban bupati mengucapkan terimakasih atas saran yang diusulkan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera,  Fraksi Amanat Nasional, Fraksi Partai Golongan Karya, Fraksi Nurani Nasional, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fraksi  Bulan Bintang

Menanggapi saran dewan agar Perda tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian walinagari perlu menerima masukan dari kaum adat, supaya Perda ini betul-betul menjadi Perda yang disetujui masyarakat, bupati menjelaskan, sesuai dengan langkah dan tahapan penyusunan  Ranperda ini, telah dilaksanakan satu tahapan dalam rangkai penyusunan naska akademik, yaitu melalui analisa kuesioner dan diskusi publik.

Rangkaian kegiatan itu dilaksanakan 17 Oktober 2016 di Balairung Lansek Manih yang tim penyusun Perda, tenaga ahli dari Kemnkum dan HAM, camat se-Kabupaten Sijunjung, perwakilan walinagari dan ketua BPN dari kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Menanggapi saran dewan agar memaksimalkan fungsi SKPD dan peran ninik mamak, dijelaskan bahwa seluruh SKPD terkait akan mempunyai tugas dan tanggungjawab mulai dari ketersediaan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, pola konsumsi pangan, keamanan pangan dan diversifikasi pangan.

Dalam upaya memaksimalkan fungsi dan tugas SKPD, telah dibentuk dewan ketahanan pangan yang diketuai oleh Bupati Sijunjung dengan anggota seluruh SKPD terkait. Sedangkan peran ninik mamak akan terlibat secara langsung pada setiap aspek ketahanan pangan, terutama pada aspek ketersediaan pangan.

Menanggapi saran dewan tentang kawasan Muaro Silokek dan Durian Gadang (Musiduga) perlu dikaji ulang karena telah terjadi perusakan asset, bupati menjelaskan bahwa Musiduga merupakan kawasan unggulan pariwisata Kabupaten Sijunjung.

”Kita semua sangat prihatin dengan kondisi kawasan Musiduga saat ini. Ke depan pembenahan dan peningkatan fasilitas yang dibutuhkan pada kawasan itu, akan disesuaikan dengan standar minimal daerah tujuan wisata.

Pemerintah daerah akan melakukan evaluasi (kaji ulang) terhadap kawasan wisata Musiduga. Dengan adanya Perda rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2025, evaluasi  terhadap kawasan wisata Musiduga lebih terarah dan perusakan aset tidak terjadi lagi,” jelas bupati.(rel)
Share:

Delapan Pesenam Artistic Gymnastic Payakumbuh Siap Persembahkan Emas

PAYAKUMBUH-Ketua Harian  Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kota Payakumbuh, Syafwal, MM, didampingi pelatih senam Aldi Kriastian dan Rinto, dari 21 shet medali yang akan diperebutkan 140 pesenam putera dan puteri,  minimal dua sampai tiga emas bakal menjadi milik Payakumbuh. “Do’akan ya,  perjuangan kami dalam perlombaan senam Porprov ini,” kata Syafwal yang juga Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Payakumbuh itu.

Menurut duet pelatih Persani Payakumbuh, Aldi dan Rinto, lawan berat bagi pesenam Payakumbuh dalam perlombaan itu, bakal datang dari pesenam tuan rumah Padang, daerah tetangga Limapuluh Kota, Pasaman, Sijunjung, Dharmasraya dan Pessel. Daerah-daerah lainnya, juga berpeluang merebut medali, jelas duet pelatih kakak beradik tersebut.

Payakumbuh pada Porprov XIV, mengrim 20 atlet senam, meliputi 8 pesenam artistic, 4 pesenam ritmic gymnastic dan 8 aerobic gymnastic. Didampingi enam pelatih, masing-masing Aldi Kristian, Rinto, Novrita, , Rabiawalis, Desi Novia dan  Yeni Liza Agustin

Ketua Koordinator Perlombaan Senam, Jhon Kenedi yang dihubungi terpisah, menjelaskan, perlombaan senam Porprov Sumbar, akan berlangsung hingga 28 November 2016. Setelah perlombaan artistic gymnastic, akan disusul dengan nomor ritmix gymnastic, juga selama dua hari, 24-25 November. Nomor ritmix memperebutkan 8 shet medali.

Berikutnya, nomor aerobic gymnastic, akan berlomba 27-28 November, memperebutkan 8 medali. Total medali yang diperebutkan dalam cabang senam itu, dikatakan, 37 shet medali. Menurutnya, ke-14 daerah peserta, punya peluang merebut medali, dan kemungkinan tak satupun daerah yang pulang dengan tangan kosong, tanpa medali.(rel)
Share:

Cabor Dayung Dhamasraya Sumbang Satu Emas

DHAMASRAYA-"Satu Emas Dua Perunggu Mengobati Paceklik Medali",Bambang Hermanto, Ketua Podsi Kabupaten Dharmasraya bersorak kegirangan tatkala pendayung.

 Dharmasraya Tindra mencapai finish pertama dalam lomba dayung nomor ergometer kelas ringan jarak 2000 meter putri. Tepuk tangan meriah dipersembahkan dari keluarga besar Podsi Kabupaten Dharmasraya yang memadati arena dayung Porprov Sumbar ke XIV di Banda.

Bakali Kota Padang. "Sudah tiga hari kami menantikan emas di sini," kata Bambang Hermanto yang juga Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dharmasraya ini.

Sejurus kemudian Bambang terlihat meneteskan air mata haru. Jerih payah anak asuhnya Tindra yang hampir tiap hari menyusuri derasnya arus sungai Batanghari di Pulai terbayar sudah. Paceklik medali emas di cabang dayung akhirnya berakhir. Satu medali emas dikalungkan Rabu 23 November 2016 di leher Tindra menandai penambahan pundi pundi medali emas untuk kontingen Kabupaten Dharmasraya.

Dengan prestasi yang dipersembahkan oleh Tindra, maka tim dayung Dharmasraya asuhan Bambang Hermanto dan kawan kawan telah mengoleksi tiga medali dalam paroh waktu Porprov. Dua medali lain diperoleh dari nomor ergometer kelas berat jarak 2000 meter. Tampaknya tim dayung.

Dharmasraya yang biasa berlatih di derasnya arus Batanghari dapat berprestasi di nomor nomor jarak jauh yang memang mengandalkan stamina atlet. Sementara untuk nomor lomba yang membutuhkan kecepatan, tim dayung Dharmasraya masih harus banyak belajar dengan tim dayung daerah lain. 

Namun begitu, kedigdayaan tim dayung Dharmasraya masih sangat kokoh melawan tim dari kabupaten lain di Tanah Minangkabau.(Web)
Share:

Kota Pariaman Pertama Terapkan Siskeudes

PARIAMAN — Kota Pariaman merupakan daerah yang pertama menerapkan system pengelolaan keuangan desa (siskeudes) yang berbasis aplikasi di Sumatera Barat. Kota Pariaman secara konsisten dan terus menerus melaporkan proses akuntabilitas pengelolaan keuangan desa secara baik.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Koordinator Pengawasan JFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah MV Chinggih Widanarto, pada acara workshop peningkatan kapabilitas dalam rangka penyusunan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa se-Kota Pariaman di Hotel Nan Tongga, Selasa (22/11).

Dalam sambutannya disampaikan bahwa Kota Pariaman merupakan daerah yang pertama dan dijadikan sebagai piloting karena seluruh desanya telah menerapkan aplikasi siskeudes.
“Pengelolaan dana desa harus transparan karena Kepala Desa harus bisa mempertanggungjawabkan penggunaan keuangan tidak hanya ke pemerintah, tapi juga kepada masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya Chinggih juga menjelaskan bahwa dengan aplikasi ini kita bisa melihat kaitan-kaitannya, sehingga dapat meminimalisir penyimpangan-penyimpangan yang ada. “Dengan adanya sistem ini diharapkan pengelolaan keuangan desa dapat menjadi tepat guna, tepat sasaran, dan tepat waktu,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut di atas Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyampaikan kepada perangkat desa untuk tetap berhati-hati dalam mengelola keuangan desa masing-masing oleh sebab itu penyusunan keuangan desa harus transparan, akuntabel dan partisipatif.

“Masyarakat tidak hanya memiliki hak untuk mengetahui anggaran desa, tetapi juga berhak menuntut pertanggungjawaban atas rencana maupun pelaksanaan dana desa.” Jelas Wako.
Melalui pelatihan ini diharapkan setiap peserta harus betul-betul mengikuti workshop ini secara serius karena sangat berguna dalam pelaporan keuangan desa masing-masing.
“Jangan pakai cara-cara lama dalam menggunakan anggaran desa, zaman sekarang apa yang kita buat semuanya harus terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.” Sambungnya.

“Kita berharap tidak ada perangkat-perangkat desa yang bermasalah dikemudian hari karena kesalahan mengelola dan melaporkan anggaran desa, oleh sebab itu dengan kegiatan ini perangkat desa dapat memahami dengan baik setiap materi yang diberikan.” Tutupnya.

Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan agar semua kepala desa beserta perangkatnya mengerti dan memahami tentang akuntabilitas keuangan desa. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 November 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 165 orang. (Humas)

Share:

Wali Kota Akan Lantik OPD Pertengahan Desember 2016 Ini

PADANG - Pertengahan Desember 2016 sekitar 1.400 pejabat lingkup Pemko Padang, Organanisai Perangkat Daerah (OPD) akan dilantik oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah untuk masa kerja berlaku pada Januari 2017 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Asnel mengatakan, "pelantikan sebanyak 1.400 pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut semuanya terdiri dari Eselon ll hingga Eselon IV. Jadi pejabat dilingkup Pemko Padang dilantik ulang secara keseluruhan," ujarnya, Kamis (24/11).
    
Dikatakan perombakkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Ada dinas atau badan yang bergabung dan ada pula yang terpisah sehingga untuk pemerataan keseluruhannya dilantik ulang pada pertengahan Desember 2016 tersebut.

Asnel menjelaskan, sebelumnya pada 2016 terdapat 34 SKPD, sementara untuk awal Januari 2017, Kota Padang akan memiliki 35 SKPD hasil rombakan OPD sesuai aturan berlaku yang telah disahkan beberapa waktu lalu di DPRD Kota Padang.

"Kemudian juga disampaikan pejabat yang akan dilantik bulan depan itu diupayakan termasuk kepala definitif Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), apalagi diketahui telah sekitar empat bulan hanya dipimpin pelaksana tugas (plt) kepala saja, " ungkapnya.

Sementara Anggota Komisi I DPRD Kota Padang Faisal Nasir mendorong pimpinan daerah itu segera melantik pimpinan-pimpinan OPD yang masih mengalami kekosongan kepemimpinan, apalagi ada dinas atau badan yang dihilangkan atau baru dan berlaku 2017.

Menurutnya, dengan telah dilantiknya Sekda Kota Padang pada Jumat (18/11) lalu, seharusnya dapat diiringi percepatan penentuan pimpinan tiap OPD baru. "Ini salah satu tugas terpenting Sekda Kota Padang yang baru bersama pimpinan daerah menunjuk pimpinan OPD secepatnya sebab terjadi perombakan OPD dan telah disahkan beberapa waktu lalu di DPRD Padang, " ujarnya.

Faisal berharap Sekda Kota Padang Asnel serta pimpinan daerah dapat menyelesaikan penentuan pimpinan OPD baru maksimal akhir 2016, jangan ditunda-tunda. Segera lantik pimpinan-pimpinan keseluruhan OPD yang berlaku Januari 2017 dan memprioritaskan pelaksanaan pelantikan OPD tersebut, "ungkapnya.(baim)

Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.