Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 11/09/16 ~ Sorot Sumatera

Seluruh SKPD Kota Padang Wajib Sampaikan Informasi Publik

SS, Padang ~ Sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) oleh Kementerian Komunikasi RI, secara tegas memberikan kewajiban kepada setiap badan publik untuk membuka informasi yang berkaitan dengan institusinya, kebijakan yang dihasilkan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan termasuk kondisi keuangan dan penggunaan anggaran. Dengan kata lain, publik memiliki hak atas informasi dari badan publik.
Menyikapi itu, di Kota Padang telah dilakukan pembentukan dan operasional Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Penggunaan aplikasi PPID Kota Padang melalui situs ppid.padang.go.id ini resmi dilaunching saat pertemuan Badan Koordinasi (Bako) Humas dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait penggunaan aplikasi tersebut di Aula Bagindo Azis Chan Balaikota Padang, Rabu (9/11). Launching aplikasi tersebut secara resmi dilakukan Walikota diwakili Asisten III Setdako Padang, Corri Saidan bersama Kepala Bagian Humas dan Protokol, Mursalim didampingi Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Koordinasi Kehumasan, Bustam yang diikuti dan disaksikan langsung admin PPID Pembantu yang ada di seluruh SKPD di lingkup Pemko Padang.

Asisten III Setdako Padang, Corri Saidan pada kesempatan itu menyampaikan, informasi publik merupakan bahagian penting daripada pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Menurutnya, dengan dilaunchingnya aplikasi PPID Kota Padang, masyarakat semakin mudah mengakses informasi seputar kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Padang sesuai kebutuhan masyarakat yang ada di masing-masing SKPD.

"Sebagaimana informasi dan dokumentasi itu merupakan suatu hal yang diperlukan dan tidak bisa terlepas bagi pihak-pihak tertentu. Untuk itu diharapkan, masing-masing SKPD di Pemko Padang harus bisa mengelola informasi dan dokumentasi kegiatannya dengan baik serta kemudian menginformasikannya melalui aplikasi PPID tersebut," ujarnya.

Corri menyebutkan, terkait pengelolaan informasi di Pemko Padang sebelumnya masih terbilang parsial. Namun saat ini dilihatnya sudah mulai tersentral dan terintegrasi dengan baik yang ditambah melalui adanya aplikasi PPID Kota Padang.

"Kita berharap, adanya aplikasi ini bisa memenuhi salah satu kebutuhan informasi dan dokumentasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, masing-masing SKPD diharapkan bisa menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan masyarakat dan pihak tertentu,” imbuh Corri.
Sementara itu Kabag Humas dan Protokol, Mursalim yang juga selaku Ketua PPID Utama Kota Padang menyampaikan, bahwa admin dari masing-masing SKPD selaku PPID Pembantu wajib menyampaikan informasi publiknya melalui aplikasi PPID Kota Padang yang telah terintegrasi pada seluruh SKPD. "Melalui aplikasi tersebut, masing-masing SKPD bisa langsung menyampaikan informasi publiknya tanpa harus melalui PPID Utama,” jelasnya.

Mursalim melanjutkan, dengan telah dilaunchingnya aplikasi PPID tidak ada lagi alasan bagi SKPD selaku badan publik yang tidak mengupdate informasi publiknya kepada publik. “Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan bagi SKPD yang informasi publiknya belum ada, karena dari aplikasi tersebut akan terpantau SKPD mana yang sudah atau belum mengakses informasi publiknya kepada publik,” terangnya.

Kemudian tambahnya lagi, terkait informasi publik yang diberikan juga ada karakteristik informasinya. Diantaranya informasinya harus jelas berkaitan dengan informasi publik, seperti informasi yang wajib disediakan setiap saat, informasi serta merta dan informasi berkala.

"Jadi, berbagai informasi publik wajib dimasukkan masing-masing SKPD ke dalam aplikasi ini. Yang tidak boleh dimasukkan adalah informasi yang dikecualikan, karena jika dimasukkan bisa bertentangan dengan undang-undang dan nantinya tentu akan dikenai sanksi,” katanya.

Sementara itu Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumatera Barat, Yurnaldi selaku nara sumber pada kesempata itu menjelaskan urgensi dan optimalisasi PPID kepada seluruh peserta. Yurnaldi menyebutkan, admin PPID sangat penting selaku orang terdepan bagi sebuah lembaga atau SKPD di pemerintahan selaku badan publik.

“Artinya apa, segala informasi yang dibutuhkan oleh public atau masyarakat baik diminta atau tidak diminta itu wajib diumumkan serta diberikan secara terbuka selaku tanggung jawab PPID,” sebutnya.

Dia melanjutkan, selama ini PPID belum mendapat perhatian dalam pemerintah baik dari anggaran khususnya. Untuk itu di Kota Padang diharapkan Pemerintah Kota Padang dapat memberikan anggaran yang memadai untuk teknis PPID Utama dan PPID pembantu yang ada di SKPD. Sehingga keterbukaan informasi di Kota Padang jauh lebih baik dan transparan ke depannya.

“Jadi segala informasi itu memang harus ada keterbukaan. Namun badan publik tetap menanyakan kepada peminta atau pemohon informasi terkait informasi yang diminta dan untuk apa digunakan. Jika informasi yang diberikan itu disalahgunakan, nanti si pemohon informasi itu bisa digugat atau dipidana sesuai UU KIP. Maka itu PPID juga harus berhati-hati seperti menanyakan terlebih dahulu maksud dan tujuan dari informasi yang diminta.

Adapun dalam Bimtek penggunaan aplikasi PPID Kota Padang itu juga menghadirkan nara sumber, Erima Oneto selaku Staf di Bidang Kominfo Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Padang. Dalam pemarannya ia menjelaskan tentang tata cara penggunaan aplikasi PPID. (David/Faisal/Bustam)
Share:

Walikota Padang Ajak Perantau di Malaysia Pulang Kampung

N3, Malaysia ~ Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo mengajak seluruh perantau Minang yang ada di Malaysia agar lekas pulang kampung. Sebab, Kota Padang akan menggelar hajatan besar dalam waktu dekat ini.

“Kami mengajak seluruh perantau Minang yang ada d Malaysia untuk pulang kampung karena akan ada iven besar di Padang,” ajak Walikota Padang pada Majlis Promosi Festival Budaya dan Ekonomi Antar Bangsa di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kota Padang akan menjadi tuanrumah Festival Budaya dan Ekonomi Antar Bangsa se-Asia Tenggara pada 3-5 Desember 2016 nanti. Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh Malindo MBCC Asia ini akan mempererat silaturahim antara Indonesia dengan Malaysia.

Iven yang diselenggarakan di Hotel Kyriad Bumi Minang Padang ini juga diharapkan akan membuka peluang bisnis serta investasi bagi Kota Padang dan daerah lainnya. Sebab dalam acara berskala internasional ini akan hadir sejumlah pengusaha Minang di Indonesia serta pengusaha di Malaysia.

Presiden Malindo MBCC Asia yang juga Penasehat Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Utama Haji Abdul Rahman Bakar menyebut bahwa Festival Ekonomi dan Budaya Malindo MBCC ini akan sangat mengutungkan bagi kedua negara. Kegiatan ini akan dapat memberi peluang kepada ‘pelabur’ (investor) untuk menanamkan usahanya di Padang.

“Tentunya nanti para pelabur dapat sokongan dari Walikota Padang,” ucapnya dibenarkan Ketua Pengarah Malindo MBCC Asia Dato’ Seri Alex Ong.

Selama tiga hari Malindo Festival Ekonomi dan Budaya digelar, cukup banyak agenda kegiatan yang dilaksanakan. Diantaranya peresmian taman bermain, pemberian sembako kepada warga kurang mampu, pameran produk Malindo dan UMKM Kota Padang, lomba bayi comel dan sehat, dan dayung palinggam.
“Festival ini diikuti Singapura, Myanmar, Vietnam, Laos, Thailand, Brunei, Kamboja, dan Filipina,” tambahnya.

Sementara, Duta Besar RI untuk Malaysia yang diwakili Konselor Penerangan Sosial dan Budaya Kedubes RI Kuala Lumpur Trigustono Supriyanto menyambut baik kegiatan Festival Budaya dan Ekonomi yang diselenggarakan di Padang. Menurutnya iven tersebut sebagai sarana untuk memajukan ‘people to people contact’. Sehingga warga dari kedua negara akan saling memahami kebudayaan tetangganya.

“Diharapkan selain sebagai ajang memperkenalkan potensi bisnis juga dapat memicu peningkatan hubungan bisnis kedua negara,” paparnya.(berita dan foto: Charlie / Yurizal)
Share:

Susunan Redaksi



PENERBIT
PT. TEROBOS JAYA MANDIRI 

Badan Hukum AHU.39843.40.10.2014 
SIUP No.0024/03.07/PK/SIUP/1/2015 
SITU No.829/IG-NI/BPMP2T/II/2015 
TDP No.03-07-1-46-004694 
NPWP No.72.546.004.2-201-000 

Akta Notaris : H. Khamisli, SH No. 163 
Tanggal 28 November 2014

Direktur Utama
Masril Melayu

Komisaris
Englamamerita Sari


Direktur
 Ali Usman
Pemimpin Umum/ Redaksi/ Penanggungjawab
Rajo Nan Kayo
 Wkl Pemimpin Redaksi/
Pemimpin Perusahaan
Ali Usman

Penasehat Hukum
Edi Sukma Jaya, SH, Andi Sukma Jaya, SH,
Irma Anggela Putri, SH, Syaiful, SH. M.Hum

Dewan Redaksi
Mahdiyal Hasan, SH, Nofrianto (Ucok),
Aziz Sutan Sati, SH, Edi Sukma Jaya, SH, Andi Sukma Jaya, SH.

Redaktur Senior
Airlangga

Korwil Sumbar
OS Tan Batuah.
REPORTER, BIRO & PERWAKILAN:

PADANG
Ariel
BIRO KAB.PARIAMAN/KOTA PARIAMAN
Pulkani (Ka. Biro)

BIRO PADANG PANJANG
Gito Greselino Mahfud 

BIRO BUKITTINGGI

BIRO AGAM

BIRO DHARMASRAYA
INVESTIGASI: Ril,  

BIRO SOLOK SELATAN
 Armensis (Ka. Biro) 

KAB PESSEL (BIRO)
O. S. Tan Batuah

KOTA/KABUPATEN SOLOK
Oktri Yoni. Non Aktif

PASAMAN BARAT/PASAMAN TIMUR
Yulisman (Ka. Biro)

KABUPATEN MENTAWAI

BIRO LIMAPULUH KOTA/KOTA PAYAKUMBUH
Bayu Denura (Ka. Biro)

TANAH DATAR 
 Imam Abdul Madjid. Oyon Badri 

SIJUNJUNG
BIRO SAWAHLUNTO

MANAGER PERUSAHAAN/ SIRKULASI: Antonio, TENAGA AHLI 

Alamat Redaksi/Perusahaan : Jl. Samudera No.25D, Kota Padang Telp: 0751 - 7056090 
Hp: 081266238244 Sumatera Barat, Rekening : Bank Nagari Cabang Tabing Padang 
No. Rek : 1007.0210.08529.3 atas nama Masril, Bank BTN / Batara Pos 
No. Rek : 1007001570022014 atas nama Mardiani.
Wartawan Media Online www.sorotsumatera.com Dilengkapi dengan kartu Pers Kritik dan Saran: 
Hp. 081315342444 / 081266238244 
e-mail: media_sorot@yahoo.com
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.