Header Ads

  • Breaking News

    Telkom Siap Dukung Smart Government Di Solok Selatan

    SOLOK SELATAN-PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap mendukung Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menjalankan smart government untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal bagi masyarakatnya.

    “Dalam kunjungan Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, M. Eng ke Living Lab Smart City Nusantara belum lama ini beliau memberikan testimoni Solok Selatan Menuju Smart Government. Kami siap merealisasikan niat dari Pak Bupati itu,” ungkap Koordinator Living Lab. Smart City Telkom Indonesia Imanuddin, di Jakarta, Kamis (8/12).
     
    Diungkapkannya, Pemkab Solok Selatan telah melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Telkom Regional I untuk menjalankan smart city. “Fokus pertama untuk Solok Selatan adalah di sisi konektifitas. Kita akan instalasi infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka mendukung connectivity implementasi Smart City di Solok Selatan,” katanya.

    Sedangkan kedepannya, akan disiapkan solusi smart city nusantara (SCN) yang mengedepankan kepada kearifan lokal sesuai dengan Zona Smart Government, Smart Industry dan Smart Citizen.
    “Ini semua sesuai dengan konsep SCN yang selalu beradaptasi dengan kearifan lokal. Satu smart city, satukan nusantara,” tutupnya.
     
    Asal tahu saja, Telkom Smart City Nusantara sendiri terdiri dari Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen. (Baca: Smart City Nusantara).

    Adanya 7 solusi vertikal tersebut maka ciri khas dan keragaman daerah tetap dapat dilakukan dan implementasikan dengan baik. Kelebihan lain dari konsep smart city nusantara adalah mengadopsi platform dan berbagai aplikasi smart city dari pengembang aplikasi lokal yang paham dan spesifik dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

    Smart City Nusantara milik Telkom banyak diadopsi oleh pemerintah daerah di Sumatera Barat, salah satunya Kota Pariaman.
    Fokus untuk Pemerintah Kota Pariaman akan menerapkan enam solusi smartcity yaitu Hi City yang berisikan Informasi nama kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan, info restoran. Mall. Rumah Sakit, Puskesmas Mall, termasuk info tempat wisata dan yang menarik lainnya.

    Solusi e-kelurahan/desa, e-puskesmas, dan e- pelaporan. Sosial media analytic untuk memantau isu yang berkembang di masyarakat/bisa digunakan sebagai media survei untuk melihat respon masyarakat terhadap kebijakan yang dibuat Pemerintah Kota dan sentiment masyarakat.

    Terakhir, Command center untuk monitor kondisi kota dengan memakai sensor di kota Pariaman pada beberapa titik penting.(web)


    OLAHRAGA

    Post Bottom Ad

    ad728