• KPU Refleksi Akhir Tahun Program Kegiatan Kepemiluan

    Pulau Punjung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menggiatkan program pendidikan politik bagi pemilih pemula dengan mengelar sosialisasi politik ke Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

    "Meski masa pemilu masih lama, kami mencoba melakukan upaya perubahan untuk meningkatkan partisipasi pemilih sejak dini, khususnya bagi pemilihan pemula," kata Ketua KPU Dharmasraya Yanuk Sri Mulyani saat jumpa pers dalam rangka penyampaian "Refleksi Akhir Tahun Program Kegiatan Kepemiluan Kabupaten Dharmasraya, di Pulau Punjung, Kamis.

    Upaya meningkatkan partisipasi bagi pemilih pemula akan dilaksanakan secara berkelanjutan, menurutnya jika sosialisasi hanya dilakukan menjelang pemilu saja dinilai tidak cukup dalam membentuk pemilih pemula yang melek politik.

    Untuk itu, lanjutnya kegiatan pendidikan politik harus dioptimalkan dari sekarang, sebab mereka memiliki pemahaman dan pengetahuan yang terbatas tentang politik dan pemilu.

    "Sosialisasi politik tidak hanya di kalangan pemilih pemula saja, melainkan seluruh masyarakat juga kami berikan mulai tahun depan," ujarnya.

    KPU Dharmasraya pascapilkada lalu sepanjang 2016 telah menggelar sosialisasi politik di 10 SLTA, dari 25 SLTA sederajat yang ada di daerah itu, kata dia.

    Ia mengungkapkan, tingkat partisipan masyarakat pada pemilu masih tertinggi di Sumbar saat pileg, pilpres, dan pilkada lalu.

    Meski partisipasi tertinggi di Sumbar, katanya melanjutkan, namun jumlah pemilih cenderung menurun walaupun tidak signifikan.

    "Oleh karena itu, meningkatkan partisipasi pemilih menjadi catatan penting kami pada evaluasi tahun ini untuk pemilu berikutnya," ujarnya.

    Ia menambahkan, proses tahapan pemilihan legislatif dan pilpres unt 2019 sudah akan mulai tahun depan. Diberitakan Antara. (*)