• BNPB Kucurkan Bantuan Dua Unit Sepeda Motor

     PULAU PUNJANG- Badan Nasional Penanggulangan Bencana memberikan bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, berupa dua unit sepeda motor guna memaksimalkan penanganan bencana.

    "Saya berharap dengan bantuan ini semakin mempercepat penanganan saat terjadi bencana, khususnya di wilayah pinggiran yang sulit dijangkau menggunakan kendaraan roda empat," kata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska di Pulau Punjung, Selasa.

    Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan lansung Bupati Sutan Riska kepada Kepala BPBD Suwandi. Turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal, Plt Sekretaris Daerah Leli Arni, dan para staf ahli bupati.

    Ia berpesan, BPBD sekiranya dapat memanfaatkan dan memelihara bantuan ini dengan baik sehingga tujuan bantuan ini sesuai harapan dan tepat guna.

    Ia mengimbau, seluruh masyarakat agar tetap waspada dengan segala kemungkinan bencana yang terjadi di wilayahnya masing-masing, mengingat belakangan kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi.

    "Misalnya, saat terjadi angin kencang yang menghancurkan rumah warga berapa waktu lalu, itu tidak dapat kita prediksi, begitu juga dengan bencana lainnya, seperti banjir, longsor, dan kebakaran," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala BPBD Dharmasraya, Suwandi mengatakan dengan tambahan dua unit motor maka total bantuan yang diterima BPBD hingga saat ini sebanyak empat unit.

    "Dua ini motor ini akan kita tempatkan di pos SAR pelayangan, Sungai Batanghari," ujarnya.

    Ia merinci, Kabupaten Dharmasraya telah banyak menerima bantuan dari BNPB Pusat sampai saat ini, diantaranya empat unit sepeda motor jenis trail, satu unit tenda pengungsian, "water treatment portable" atau alat penjernihan air , satu unit tangki air, dan satu unit mobil operasional "Resque".

    Menurutnya, BPBD Dharmasraya sangat mengapresiasi perhatian pemerintah pusat melalui BNPB dengan banyaknya bantuan alat operasional dan logistik yang diberikan ke daerah itu hingga saat ini.

    Ia menambahkan, bersama dengan Dharmasraya empat kabupaten/kota lain juga menerima bantuan yang sama dari BNPB, yakni Kabupaten Sijunjung, kota Sawahlunto, kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Payakumbuh.

    "Masing-masing kabupaten/kota juga menerima dua unit sepeda motor," ujarnya. Diberitakan Antara. (*)