Terima kasih anda telah berkunjung di http://www.sorotsumatera.com/ 18 Dubes Negara Asean Kunjungi Tanah Datar ~ Sorot Sumatera

18 Dubes Negara Asean Kunjungi Tanah Datar

TANAH DATAR-Pemerintah Tanah Datar bersama Keluarga Kerajaan Pagaruyung Darul Qoror sambut 18 duta besar (Dubes) yang tergabung dalam East Asia Summit (EAS) secara adat saat berkunjung ke Istano Silinduang Bulan, Sabtu (3/12). Penyambutan Dubes untuk negara-negara Asean tersebut diawali dengan penampilan Silek Galombang, kesenian Tari Piring, dan atraksi pencak silat.

Sebelum menaiki rumah gadang Istano Silinduang Bulan Darul Qoror, para Dubes juga mendengarkan Kato Pasabahan Adat. Di dalam rumah gadang, masing-masing Dubes diberikan tanda Bintang Kehormatan dari Kerajaan Pagaruyung  yang diserahkan langsung oleh Sultan Muhamad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti dan acara diakhiri dengan Makan Bajamba secara adat.

Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror Sultan Muhamad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti menyampaikan kunjungan para Dubes ini merupakan suatu kehormatan dan sangat bersejarah bagi keluarga besar Kerajaan Pagaruyung.

"Kami berharap para duta besar dapat memperkenalkan tradisi kesenian, adat, dan budaya Minangkabau di negara masing-masing sehingga akan timbul interaksi antar masyarakatnya di bidang kebudayaan," harap Sultan Taufiq.

Pemberian tanda Bintang Kehormatan ini hendaknya mampu menjalin kekerabatan antar negara dan hubungan persahabatan keluarga Kerajaan Pagaruyung dengan negara tersebut, pungkas Sultan Taufiq .

Sementara itu, Bupati Irdinansyah menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Tanah Datar dan menaiki rumah gadang Istano Silinduang Bulan Darul Qoror.

Bupati juga menjelaskan sekilas tentang daerah Tanah Datar yang merupakan satu dari 12 kabupaten di Sumatera Barat, terdiri dari 14 kecamatan, 75 nagari, dan sebagian besarnya penduduknya hidup sebagai petani, serta dikaruniai cukup banyak objek wisata alam, budaya, dan keseneian.

"Bahkan satu nagari di Tanah Datar dinobatkan sebagai daerah terindah dari lima daerah terindah lainnya di dunia yakni Nagari Pariangan dan  salah satu objek wisata sudah menjadi destinasi wisata di Indonesia yang selalu menjadi kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik yakni Istano Basa Pagaruyung”, ungkap Bupati. 

Dubes Indonesia untuk Asean Rahmad Pramono mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kerajaan Pagaruyung Darul Qoror dan Pemkab Tanah Datar atas penyambutan yang meriah dan telah mengenalkan budaya, adat, dan kesenian orang Minangkabau.

Kunjungan para Dubes ke Sumbar selama dua hari (3 s/d 4 Desember 2016) dengan tujuan para Dubes Asean ini datang ke Tanah Datar adalah untuk meningkatkan interaksi masyarakat lokal dan mengenalkan budaya lokal kepada negara Asean, serta mengembangkan potensi budaya Minangkabau dalam mempromosikan kepada negara-negara Asean.

“Kunjungan kami ke Sumbar dengan tujuan mengenalkan kebudayaan, pertemuan para duta besar dan Focus Group Discussion (FGD) dengan perguruan tinggi dengan membawa 18 Dubes mewakili negera Brunai Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, Tiongkok dan Indonesia,” kata Rahmad.

Pada akhir sambutannya berharap mudah-mudahan, hasil kunjungan para duta besar negara tersebut mendapat kesan positif, sehingga bisa menceritakan atau mempromosikan potensi budaya dan wisata Tanah Datar di negara masing-masing,” pungkas Rahmad. humas/eri/adi
Share:

IKLAN

IKLAN

Author

Total Pengunjung

BERITA TERBARU

IKLAN

IKLAN

Comments

Archive

Text Widget

Gadgets

Find us on Facebook

LIPUTAN KHUSUS

liputan khusus

DHARMASRAYA

dharmasraya

Blog Archive

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.