• Solok Selatan Jadikan Nico Motivator Atlet Kempo

    SOLOK SELATAN-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menjadikan atlet peraih emas PON Jawa Barat cabang kempo Nico sebagai pelatih sekaligus motivator bagi atlet dari daerah setempat.

    "Kita mengharapkan mental tanding serta kemampuan Nico bisa ditularkan kepada atlet lainnya sehingga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar atlet kempo bisa meraih medali," kata Ketua KONI Solok Selatan Mario Syahjohan, di Padang, Rabu.

    Dia mengatakan ajang Proprov Sumbar tahun ini akan dijadikan sebagai evaluasi sejauhmana Nico mampu membina atlet di bawah asuhannya.

    "Bila tidak ada atlet di bawah binaannya meraih medali maka ia dianggap belum berhasil dalam membina atlet," katanya.

    Ia menyebutkan pada Porprov Sumbar ke XIV di Kota Padang Nico tetap mewakili Solok Selatan pada kelas 70 kilogram.

    Pada PON XIX katanya, Nico turun pada kelas 65 kilogram sehingga saat Porprov ia harus naik kelas bila ingin tampil.

    "Nico salah satu harapan kita untuk bisa meraih emas serta atlet kempo lain dibawah binaannya," kata dia.

    Pada ajang Proprov ini Solok Selatan sudah mendapatkan satu emas, empat perak dan tujuh perunggu yang disumbangkan dari lima cabang yaitu PABBSI, Dayung, Silat, Taekwondo serta Atletik.

    Yang terbaru Solok Selatan mendapatkan medali perak dari cabang atletik nomor 80 meter putra yang dipertandingkan pada Rabu pagi di GOR H Agussalim Padang.

    Ia menambahkan pihaknya masih optimis kontingen Solok Selatan bisa menambah raihan emas karena cabang yang menjadi unggulan belum dipertandingkan.

    "Cabang unggulan kita seperti Wushu, Kempo serta angkat besi belum bertanding sehingga perolehan medali emas masih sedikit," katanya.

    Sedangkan untuk cabang baru Muaythai katanya, secara mengejutkan bisa menyumbangkan satu medali perak serta tiga perunggu untuk Solok Selatan.

    "Muaythai secara mengejutkan bisa meraih medali perak untuk Solok Selatan," katanya. (web)