• Siswa Tanah Datar Diminta Bentengi Diri

    TANAH DATAR-Sekitar 1.500 siswa dari 5 sekolah SMA sederajat di Kecamatan Lintau Buo Utara dan Lintau Buo, Jum'at (18/11) ikuti sosialisasi tentang bahaya narkoba, seks bebas dan pernikahan dini bagi remaja. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMA N 1 Lintau ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Daerah Tanah Datar dengan IKTD Lampung.

    Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi di sela-sela kesibukannya juga menyempatkan untuk hadir pada acara tersebut. Beliau mengatakan bahwa kehadirannya pada kegiatan ini diharapkan mampu memberikan motivasi tersendiri bagi para siswa SMA sederajat yang mengikuti sosialisasi ini.

    Dia mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari di 4 tempat yang berbeda. Untuk siswa SMA di wilayah Lintau kita adakan di sini. Dan besok akan kita adakan di 2 wilayah yang pertama untuk wilayah Kecamatan X Koto, Batipuh dan Batipuh Selatan akan kita laksanakan di Aula SMA 1 Batipuh. Sementara untuk wilayah Sungai Tarab, Salimpaung dan Tanjung Baru pelaksanaannya kita pusatkan di SMA 1 Salimpaung.

    Sementara pada hari Minggu nanti kegiatan ini akan kita laksanakan di gedung Nasional dan akan diikuti oleh pelajar SMA sederajat yang berada disekitar kota Batusangkar dan ibu-ibu Dharma Wanita, ungkap Irdinansyah.

    Adapun tujuan kegiatan ini menurut Irdinansyah untuk meningkatkan kualitas SDM agar terhindar dari pengaruh buruk narkoba, dengan harapan SDM kita bisa lebih baik dari daerah lainnya. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu sikap Pemda dalam menanggapi dan mengatasi berbagai fenomena yang terjadi baru-baru ini di Kabupaten Tanah Datar.

    Selain itu Pemda Tanah Datar juga telah mengeluarkan aturan tidak memperbolehkan siswa sekolah SD sampai SMA membawa HP ke sekolah terutama Smartphone, karena diyakini Smartphone merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan timbulnya berbagai fenomena yang menimpa baru-baru ini di Kabupaten Tanah Datar.

    Hal senada juga disampaikan oleh Wakil ketua DPRD Tanah Datar Irman. Dia menambahkan anak-anak harus patuh kepada orang tua dan gurunya, karena itu merupakan kunci keberhasilan di masa mendatang.

    Sementara itu Ketua IKTD Lampung, Hj. Merrywati, SE mengharapkan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi anak-anak kita pelajar SMA dalam menghadapi berbagai tantangan dari bahaya narkoba, pergaulan bebas dan penyakit masyarakat lainnya.

    "Saya berasal dari sini (Tanah Datar-red) dan berasal dari anak seorang pedagang kecil, terlepas dari sekarang dikenal sebagai pengusaha di rantau namun saya tetap peduli terhadap kampung halaman saya ini. Dan apabila saya mendengar berita di kampung terjadi musibah, bencana atau yang lainnya, maka dengan segala cara dan segenap tenaga serta segenap kemampuan saya akan memberikan dukungan dan bantuan", ungkapnya. (Web)